Berjaya Di PON, Muay Thai Jadi Cabang Olahraga Unggulan Jawa Tengah
Ketua Muay Thai Provinsi Jawa Tengah, Hartono.
Ketua Muay Thai Provinsi Jawa Tengah, Hartono.

Semarang – Cabang olahraga Muay Thai saat ini masuk dalam 10 besar cabang unggulan di Provinsi Jawa Tengah.

Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Tengah, Soedjatmiko menyampaikan hal itu, saat Musyawarah Provinsi ke-II Muaythai Jawa Tengah di Aula Sekretariat KONI Jawa Tengah, hari Minggu (26/02).

Ia menyampaikan alasannya, karena Muay Thai berjaya di Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua tahun 2021 lalu. Kala itu kontingen Muay Thai Jawa Tengah mampu menyumbangkan 3 medali emas, 1 perak dan 3 perunggu.

“Ini menjadikan cabang olahraga Muay Thai jadi cabang olahraga unggulan, maka mendapat perlakukan-perlakuan yang lebih, dibandingkan cabang olahraga lain, “ tuturnya.

Meski demikian Soedjatmiko meminta jangan mudah berpuas diri. Ia mendorong prestasi tersebut dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan, pada PON di Aceh dan Sumatera Utara, tahun 2024 mendatang.

“Karena mempertahankan lebih sulit ketimbang merebut. Predikat cabang olahraga unggulan juga akan ditinjau ulang pada waktu Pra Pon nanti, “ kata Soedjatmiko.

Dalam kegiatan Musprov tersebut, salah satu agendanya memilih Ketua Muay Thai Jawa Tengah. Hartono, Ketua Muay Thai petahana menjadi calon ketua tunggal dan akhirnya terpilih secara aklamasi.

Hartono menyampaikan salah satu misi kedepan adalah memperbanyak jumlah camp atau sasana Muay Thai di kabupaten/kota, karena camp menjadi roh dari pembinaan atlet.

“Soalnya disinyalir ada Pengcab, tidak punya camp. Kalau Pengcab tidak punya camp, layak ditinjau ulang, “ bebernya.

Selain itu, Hartono juga menyiapkan program peningkatan sumber daya pelatih, wasit dan juri Muay Thai melalui pelatihan, serta meningkatkan kompetisi dan pembinaan atlet prestasi.

“Output utamanya tetap prestasi. Kalau di tingkat Jawa Tengah ya medali emas PON, “ pungkas Hartono. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan