Momentum HPN 2023, Pihak Desa Dadapan Ingatkan Janji Bupati
Penanaman pohon dan tasyakuran HPN di Bukit Rengganis Dusun Siwalan Sukun Desa Dadapan Kecamatan Sedan, hari Kamis (09/02).
Penanaman pohon dan tasyakuran HPN di Bukit Rengganis Dusun Siwalan Sukun Desa Dadapan Kecamatan Sedan, hari Kamis (09/02).

Sedan – Ketika banyak daerah merayakan Hari Pers Nasional (HPN) di dalam hotel, tahun 2023 ini Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Rembang tetap istiqamah mengadakan peringatan HPN di dusun terpencil.

Ketua PWI Kabupaten Rembang, Musyafa menjelaskan HPN diperingati pada hari Kamis (09 Februari 2023) terpusat di atas Bukit Rengganis Dusun Siwalan Sukun Desa Dadapan Kecamatan Sedan, dengan ketinggian 450 an meter di atas permukaan laut.

Ia selalu memilih dusun terpencil, karena ada sejumlah filosofi. Menurutnya, masyarakat dusun ramah dan hangat, serta memiliki semangat kerja yang tinggi.

Melalui momentum HPN, diharapkan wartawan juga bisa menjalin hubungan baik dengan siapapun termasuk para mitra kerja, serta giat menyajikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Tidak hanya tahun ini saja HPN di dusun terpencil, tapi HPN sebelumnya juga berlangsung di kawasan pelosok, seperti Desa Ngroto Kecamatan Pancur dan Desa Ngajaran Kecamatan Sale, “ tuturnya.

Musyafa menimpali memilih dusun terpencil juga isyarat bahwa kawasan seperti itu harus tetap menjadi perhatian pemerintah, dari sisi infrastruktur maupun layanan lainnya.

“Saya akui tanjakannya ekstrim, kendaraan sempat macet tadi, harus mundur dulu, baru digas pol. Tapi secara umum kondisi jalan menuju Siwalan Sukun sudah bagus, “ kata Musyafa.

Kepala Desa Dadapan Kecamatan Sedan, Zuber Utsman dalam kesempatan itu mengungkapkan akses jalan Siwalan Sukun menjadi prioritas penanganan.

Yang masih terkendala saat ini adalah jalan antara Dusun Siwalan Sukun menuju Desa Kumbo Kecamatan Sedan. Ia berharap ditata lebih baik, karena bisa memudahkan dan mempercepat mobilitas masyarakat Siwalan Sukun.

“Panjangnya 1,5 kilo meter masih makadam, syukur nanti bisa dicor. Jalurnya enak lewat situ kalau bagus, ketimbang dari arah Dadapan yang banyak tanjakan ekstrim. Semoga Pemkab Rembang memperhatikan, karena pak Bupati sudah janji akan menata, “ bebernya.

Hadir dalam peringatan HPN di Bukit Rengganis, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Dan Komunikasi Dinkominfo, Aprilia Hening Puspitasari, serta Kepala Bagian Protokoler Dan Komunikasi Pimpinan Daerah Pemkab Rembang, Arief Dwi Sulistya.

Arief Dwi memastikan Pemkab Rembang terbuka dengan berbagai macam kritikan, termasuk yang disampaikan oleh kalangan pers dan masyarakat.

“Kami mengapresiasi atas keberadaan temen-temen semua. Fungsi pers, berupa pendidikan, hiburan dan kontrol sosial selama ini sudah dilakukan. Kritik membangun yang disampaikan, akan menjadi masukan bagi pengambil kebijakan, “ kata Arief.

Kegiatan HPN ditutup dengan penanaman pohon di Bukit Rengganis, sebagai bentuk dukungan agar kawasan itu semakin hijau. (Musyafa Musa).

News Reporter

1 thought on “Momentum HPN 2023, Pihak Desa Dadapan Ingatkan Janji Bupati

Tinggalkan Balasan