Bupati Ingatkan Waspada Kelaparan, Saat Melantik Dua Kepala Desa
Bupati Rembang, Abdul Hafidz foto bareng dengan dua kepala desa yang baru saja dilantik, Jum’at (28/10).
Bupati Rembang, Abdul Hafidz foto bareng dengan dua kepala desa yang baru saja dilantik, Jum’at (28/10).

Rembang – Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengingatkan bahaya kelaparan yang mengintai dunia saat ini. Maka semua pihak perlu mengantisipasi dan waspada, termasuk dari kalangan kepala desa.

Abdul Hafidz menyampaikan masalah tersebut saat melantik 2 orang kepala desa hasil pemilihan antar waktu, di Pendopo Museum Kartini Rembang, hari Jum’at (28 Oktober 2022).

Bupati memperinci berdasarkan data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), lebih dari 19 ribu orang di dunia mati kelaparan setiap hari. Kondisi ini menunjukkan ancaman krisis pangan dan energi sangat serius.

Apalagi tantangan kedepan semakin berat, lantaran perang antara Rusia dan Ukraina masih terus berkecamuk, mengakibatkan gejolak ekonomi dunia.

“Tidak ada satupun pengamat dan ahli yang bisa memprediksi dunia ini akan dibawa kemana, ndak ada yang bisa. Hari ini memang berat dan waktu yang akan datang akan lebih berat lagi. Kondisinya tidak stabil. Ini pesan pak Presiden yang saya teruskan ke Kades, hati-hati, “ tuturnya.

Lebih lanjut Bupati menekankan bahwa tidak ada perbedaan antara Kepala Desa hasil pemilihan antar waktu dengan Kepala Desa pada umumnya, dari sisi tugas maupun kewajiban.

“Jangan ada anggapan saya ini beda, untuk tugas pokok dan kewajiban, sama, nggak ada bedanya, “ tandasnya.

Apalagi sekarang desa menjadi tumpuan kemajuan bangsa disertai adanya perubahan aturan baru, sehingga Kepala Desa terpilih jangan terjebak pada pola-pola lama.

“Kemasyarakatan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, adalah 3 tugas pokok yang diemban bapak-bapak Kades. Jadi panjenengan punya tugas berat, “ imbuh Hafidz.

Kades antar waktu, yang berbeda hanyalah waktu menjabat. Kalau Kades definitif selama 6 tahun tiap 1 periode, tetapi untuk 2 Kades hasil pemilihan antar waktu yang baru saja dilantik, yakni Kades Gegersimo Kecamatan Pamotan, Moh. Shodiqin dan Desa Tahunan Kecamatan Sale, Suprayitno melanjutkan jabatan sekira 3 tahun, dari sisa waktu jabatan Kades sebelumnya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *