Tak Lazim, Temukan Ketela Sepanjang 2,6 Meter
Temuan ketela jumbo diukur menggunakan alat meteran, Rabu (12/01).
Temuan ketela jumbo diukur menggunakan alat meteran, Rabu (12/01).

Rembang – Ketela yang satu ini sungguh di luar dugaan, karena ketika dipanen, ternyata ukurannya sangat besar. Bahkan panjangnya saja mencapai 2,6 Meter. Padahal kalau ketela umumnya, tidak sampai sepanjang itu.

Nah..ketela super jumbo ini berada di lahan garapan pasangan suami isteri Slamet dan Umbarni, letaknya sekira 100 Meter belakang Balai Desa Waru, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Pohonnya kecil, siapa sangka menghasilkan buah yang sangat besar.

Ketika ditemui di rumahnya, hari Rabu (12 Januari 2022), Slamet menceritakan waktu itu sedang mencari rumput. Tiba-tiba melihat ada buah ketela sedikit menyembul dari balik tanah.

Saat digali, tak kunjung selesai. Setidaknya membutuhkan waktu hingga setengah jam, ketela dengan panjang 2,6 Meter itu akhirnya berhasil diangkat dan dibawa pulang ke rumah, tak jauh dari lahannya.

Menurut Slamet, hasil panen ketela kali ini merupakan yang paling besar, dibandingkan sebelumnya.

“Kemarin-kemarin sempat pernah panen, ukurannya ya besar, tapi nggak sebesar ini. Jadi dibilang kaget, ya tentu kaget, “ ungkapnya.

Sementara itu isteri Slamet, Umbarni mengungkapkan ketela sepanjang 2,6 Meter, baru ia jumpai kali pertama ini. Kemungkinan karena sudah hampir 3 tahun tidak terdeteksi, sehingga buahnya tumbuh menjadi sangat besar.

“Jadi nggak mengira yang di samping utara pohon itu ada buahnya. Posisi tanah miring, dekat selokan, “ tutur Umbarni.

Semenjak ada temuan ketela ukuran jumbo, sontak menyedot perhatian warga sekitar. Belum ada rencana, ketela akan diolah untuk direbus atau dibuat kolak.

Slamet mempersilahkan apabila ada warga yang menginginkan. Jika tidak ada, nantinya  ketela akan dicacah untuk pakan ternak sapi. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *