Ini Dia 6 Instansi Di Jajaran Pemkab Rembang, Pengelola Anggaran Terbesar
Bupati Rembang, Abdul Hafidz (berpeci) didampingi Sekretaris Daerah, Fahrudin.
Bupati Rembang, Abdul Hafidz (berpeci) didampingi Sekretaris Daerah, Fahrudin.

Rembang – Enam instansi di jajaran Pemkab Rembang yang mengelola anggaran terbesar pada APBD tahun 2021 ini, dibeberkan datanya.

Saat rapat koordinasi di lantai IV Gedung Setda Rembang, hari Senin (20/12), Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Rembang, Wahyu Dian Prihatanto mengungkapkan yang pertama adalah Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga sebesar Rp 164,2 Miliar, kemudian disusul Dinas Kesehatan 106,7 Miliar, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. R Soetrasno mencapai Rp 86,4 Miliar, Dinas Pekerjaan Umum Dan Tata Ruang Rp 81,7 Miliar, Sekretariat Daerah (Setda) Rembang Rp 36,3 Miliar dan Sekretariat DPRD Rp 34 Miliar lebih.

“Pemerintah Kabupaten Rembang pada triwulan IV tahun 2021 ini melaksanakan anggaran perubahan. Anggaran perubahan tersebut tersebar di 26 instansi dan 14 kecamatan, “ paparnya.

Sementara itu, Bupati Rembang, Abdul Hafidz yang hadir dalam forum itu menyampaikan serapan APBD per tanggal 20/12 sudah mencapai 90 %. Ia menilai sudah cukup baik.

Bupati mendorong sistem perencanaan dievaluasi, terutama bagi Organisasi perangkat daerah (OPD) yang anggarannya banyak, namun penyerapan tidak maksimal. Mengingat sebagian OPD ada yang kekurangan anggaran.

“Permasalahan yang ada supaya dievaluasi. Mencari anggaran sudah susah. Banyak yang minta tidak diberi. Tetapi sudah dapat, tidak dipakai. Jangan sampai seperti itu, ” tutur Bupati.

Berdasarkan layanan pengadaan secara elektronik (LPSE), pekerjaan yang telah/sedang dilaksanakan melalui proses tender tersebar di 10 OPD sejumlah 86 paket, dengan total jumlah Pagu anggaran sebesar Rp 102,6 Miliar.

Sedangkan pekerjaan yang telah/sedang dilaksanakan melalui proses non-tender atau penunjukan langsung tersebar di 28 OPD sebanyak 1727 paket, dengan total jumlah Pagu anggaran Rp. 98,2 Miliar. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan