Sejumlah Kemungkinan Penyebab, Dibalik Truk Tebu Terbakar
Truk terbakar di lahan tebu Desa Karangasem, Kecamatan Sedan, Selasa (12/10).
Truk terbakar di lahan tebu Desa Karangasem, Kecamatan Sedan, Selasa (12/10).

Sedan – Aktivitas panen tebu di lahan Desa Karangasem, Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang mendadak geger, karena ada sebuah truk yang digunakan untuk mengangkut tebu, tiba-tiba terbakar, Selasa pagi (12 Oktober 2021).

Truk milik Sujud, sedangkan lokasi lahan tebu milik Khudori. Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Dan Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Rembang, Wiyoto menjelaskan berdasarkan penuturan sejumlah saksi di TKP, semula truk diparkir di tengah lahan tebu, dalam kondisi mesin mati. Sang sopir kebetulan pergi sarapan.

Sedangkan para penebang tebu, menaikkan muatan tebu ke atas truk. Tak berselang lama, mereka mengetahui ada kepulan asap dari bawah truk.

“Posisinya, pekerja menaikkan tebu ke atas truk tersebut, tahu ada asap, “ bebernya.

Tidak diketahui secara pasti, apakah pemicu kebakaran karena puntung rokok, panas knalpot atau sebab lain, namun perkiraan sumber api dari bawah truk. Api membesar, kemudian menghabiskan ban truk bagian belakang dan menjalar ke sebagian bak truk.

“Roda depan bagian kanan juga ikut terbakar. Belum tahu pasti apa penyebabnya, “ imbuh Wiyoto.

Atas kondisi itu, petugas pemadam kebakaran yang menerima laporan, langsung menuju TKP. Laju kendaraan 1 unit mobil Damkar dan 1 truk tangki penyuplai air sempat terhenti, gara-gara terjebak macet akibat perbaikan jalan di wilayah Pamotan – Sedan.

Begitu tiba di lokasi kebakaran, penyemprotan air berlangsung sekira setengah jam. Tidak ada korban dibalik peristiwa tersebut, namun kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 50 an Juta. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *