Alasan Ini Yang Membuat Mobil Pelayanan Keliling Milik Dindukcapil Belum Beroperasi
Mobil pelayanan keliling yang dimiliki Dindukcapil Kabupaten Rembang, perlu tambahan sarana pra sarana penunjang.
Mobil pelayanan keliling yang dimiliki Dindukcapil Kabupaten Rembang, perlu tambahan sarana pra sarana penunjang.

Rembang – Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Rembang sudah mempunyai mobil yang akan memberikan pelayanan sampai ke pelosok kecamatan maupun desa. Mobil sudah siap, namun untuk bisa keliling, masih harus menunggu sarana pra sarana penunjang.

Kepala Dindukcapil Kabupaten Rembang, Moch. Daenuri menjelaskan mobil tersebut akan melayani pembuatan akta kelahiran, KTP, Kartu Keluarga (KK), maupun administrasi kependudukan lainnya. Kalau harus menggunakan piranti dari dalam kantornya, justru tidak efektif, karena bongkar pasang dan rawan mengganggu pelayanan di kantor.

Maka pihaknya mengajukan pengadaan sarana pra sarana untuk dipasang ke dalam mobil, melalui pengajuan anggaran di APBD Perubahan tahun 2021 ini. Mulai dari laptop dan printer.

Solusi Keluhan Lambung

“Idealnya nanti setiap jenis layanan dilengkapi 1 laptop dan 1 printer. Termasuk AC di dalam mobil. Saya sudah melapor kepada pimpinan, untuk dapat dilengkapi. Mobil ini kita kondisikan menjangkau ke kecamatan-kecamatan atau bahkan desa, “ tuturnya, Senin sore (31/05).

Moch. Daenuri menambahkan setidaknya butuh 4 personil untuk melaksanakan pelayanan dengan mobil keliling. Tidak hanya menjangkau ke desa dan kecamatan, jika sewaktu-waktu berlangsung bazaar, pameran, TMMD maupun event-event besar lainnya, mobil pelayanan akan dikerahkan menuju lokasi. Ia menargetkan bulan September mendatang sudah bisa beroperasi.

“Ada acara di Alun-Alun atau Balai Kartini, mobil kita stand bye di sana untuk melayani. Insyaallah tahun ini sudah jalan, “ kata Daenuri.

Soal ukuran mobil keliling yang tidak terlalu besar, menurut Daenuri untuk memudahkan ketika masuk ke desa-desa. Termasuk jika harus melewati jalan sempit sekalipun, supaya lebih fleksibel.

“Saya kira bukan soal besar kecilnya mobil, tapi yang penting pelayanannya, “ paparnya.

Sementara itu, Ridwan, Wakil Ketua DPRD Rembang menyampaikan keberadaan mobil keliling untuk melayani pembuatan akta kelahiran, KTP maupun KK sangat dibutuhkan masyarakat, agar pelayanan menjadi lebih mudah dan cepat.

Ia mendorong jika sudah beroperasi, dapat memperbanyak jadwal ke kecamatan-kecamatan yang jauh dari pusat Kota Rembang, seperti Sarang, Sale dan sekitarnya.

“Sosialisasinya nanti diperkuat, kapan mobil datang. Dari jam berapa sampai jam berapa, sehingga masyarakat memiliki gambaran kepastian waktu. Soalnya mereka kalau pagi kan ke sawah, ke laut, mau ngurus bisa langsung datang ke mana gitu. Biar nggak kecelik, “ kata Ridwan.

Ridwan menambahkan jika memungkinkan tidak hanya 1 unit, tetapi juga ditambah menjadi 2 unit mobil keliling, guna mengcover Kabupaten Rembang timur dan Rembang barat.

“Syukur lagi nanti ditambah dengan mall pelayanan publik di sebelah utara Alun-Alun. Muara tujuannya, biar memudahkan masyarakat. Pelayanan semacam ini kedepan kita dukung untuk lebih baik lagi, “ tandasnya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *