Pemkab Rembang Salurkan Kredit Mikro Bangkit, Siapa Saja Sasarannya?
PT BPR BKK Lasem, bertugas menyalurkan kredit mikro bangkit.
PT BPR BKK Lasem, bertugas menyalurkan kredit mikro bangkit.

Rembang – Pemerintah Kabupaten Rembang meluncurkan kredit mikro bangkit, dengan sasaran untuk 11 ribu usaha mikro dan 100 koperasi. Jangka waktu pinjaman selama 1 tahun, disalurkan melalui PT BPR BKK Lasem.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan UMKM Kabupaten Rembang, Akhsanudin mengatakan untuk koperasi, maksimal pinjaman sebesar Rp. 50 Juta. Dengan syarat koperasi sektor riil maupun simpan pinjam, dengan aset dibawah Rp. 500 juta.

Sedangkan syarat bagi pelaku usaha mikro, maksimal pinjaman Rp. 5 Juta. Syaratnya, belum pernah menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), maupun bantuan Jaring Pengamanan Ekonomi (JPE) dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, merupakan warga ber KTP Kabupaten Rembang, dan memiliki ijin usaha.

“Dalam jangka waktu satu tahun kredit untuk UMKM diberikan sebesar Rp. 5 Juta, sedangkan untuk koperasi Rp. 50 Juta,” paparnya.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz menyampaikan, gagasan diluncurkannya kredit mikro bangkit tersebut berawal dari kondisi Kabupaten Rembang yang sedang dihantam pandemi Covid-19.

Melalui kredit mikro bangkit, ia berharap dapat membantu para pelaku usaha mikro dan koperasi untuk bangkit dari keterpurukan.

“Kami ingin usaha mikro dan koperasi bangkit. Jika usaha mikro dan koperasi bangkit, perekonomian kita di Kabupaten Rembang juga akan semakin membaik. Ini tahap awal, insyaallah nanti akan kita teruskan agar benar-benar usaha mikro di Rembang bisa menikmati program ini, ” jelas Bupati.

Sementara itu, Direktur PT BPR BKK Lasem, Suwarno mengatakan kredit mikro bangkit disalurkan kepada usaha mikro dan koperasi terdampak Covid-19, dengan bunga Rp. 0 persen, tanpa potongan maupun agunan.

“Muara tujuannya supaya menggairahkan kembali perekonomian di Kabupaten Rembang, “ ungkapnya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *