Pilkada Rembang : Setelah Sempat Kurang Cukup Banyak, Bagaimana Kabar KPPS Terkini ?
Pilkada Rembang diikuti oleh 2 pasangan calon.
Pilkada Rembang diikuti oleh 2 pasangan calon.

Rembang – Setelah sempat kurang cukup banyak, jumlah pendaftar kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang akan bertugas di TPS saat hari pencoblosan Bupati dan Wakil Bupati Rembang 09 Desember 2020, akhirnya bisa terpenuhi.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, Zaenal Abidin, Senin siang (26 Oktober 2020) mengakui sebelumnya ada 20 an desa tersebar di 5 kecamatan memperpanjang masa pandaftaran KPPS dan hari Senin ini hasilnya diumumkan. Setelah dipastikan cukup, tahap berikutnya tinggal menunggu masukan atau tanggapan dari masyarakat.

“Sudah terpenuhi mas, kita tinggal menunggu tanggapan dari masyarakat. Semoga saja nggak ada, biar prosesnya lebih cepat, “ ucapnya.

Zaenal Abidin menambahkan umumnya tanggapan masyarakat lebih banyak menyoal usia anggota KPPS, karena sudah ditentukan minimal berusia 20 tahun dan maksimal 50 tahun.

Berbeda dengan perekrutan Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat desa dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beberapa waktu lalu, yang kala itu masih mengacu aturan lama, usia minimal 17 tahun dan tidak ada batas maksimal.

“KPPS ini sama dengan perekrutan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), regulasinya berubah setelah ada pandemi Covid-19. Termasuk nantinya KPPS juga wajib menjalani rapid test, “ terangnya.

Jumlah KPPS yang dibutuhkan untuk Pilkada Kabupaten Rembang sebanyak 9.555 orang, bertugas di 1.365 TPS. Mereka rencananya akan dilantik pada Minggu kedua bulan November 2020. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *