Visi Misi Pasangan Calon Bupati Dan Wakil Bupati : Yukk Kita Bedah, Sudah Konkret Belum ?
Dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Rembang.
Dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Rembang.

Rembang – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Rembang sudah menyetorkan visi misinya kepada pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU). Lalu sebenarnya apa visi misi 2 pasangan calon tersebut, untuk Kabupaten Rembang kedepan ?

Pasangan calon nomor urut 1, duet Harno dan Bayu Andriyanto memathok visi “Menuju Rembang Yang Sejahtera, Berdaya Saing Dan Berkeadilan”, kemudian misinya ditetapkan 6 macam, diantaranya :

  • Memantapkan kehidupan masyarakat berlandaskan nilai-nilai keagamaan, kearifan lokal dan hukum positif.
  • Mengurangi tingkat kemiskinan dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.
  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), dengan tersedianya standarisasi pendidikan yang sistematis dan proaktif (pendidik, kurikulum dan sekolah) serta kemudahan akses pelayanan kesehatan yang memadai.
  • Meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik.
  • Meningkatkan keberdayaan masyarakat dan usaha ekonomi masyarakat yang memiliki daya saing dengan memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.
  • Meningkatkan optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan desa guna tercapainya pembangunan berbasis desa dan kawasan perdesaan.

Setelah itu, dari 6 misi tersebut dijabarkan melalui program-program yang lebih rinci. Harno – Bayu menyasar banyak sektor, seperti pemenuhan kebutuhan air baku, pemantapan sistem jaminan kesehatan daerah, peningkatan prestasi olahraga, pelayanan administrasi terpadu kecamatan, hingga pengembangan pariwisata.

Pasangan calon nomor urut 2, duet Abdul Hafidz – Hanies Cholil Barro’ mengusung visi “Rembang Gemilang (Gemati, Gampil dan Gamblang)”, kemudian misinya ditetapkan 4 macam, meliputi :

  • Mengembangkan profesionalisasi, modernisasi organisasi dan tata kerja birokrasi (apik layanane).
  • Mengembangkan sumber daya manusia yang semakin berkualitas dan terproteksi dalam jaminan sosial (mumpuni, sehat jasmani dan rohani wargane).
  • Membangun infrastruktur dan ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan berkualitas dan berkeadilan (tuwuh ekonomine).
  • Mengembangkan kemandirian desa berbasis potensi lokal (makmur wargane).

Misi tersebut, selanjutnya dijabarkan melalui strategi pembangunan dan program. Poin-poinnya seperti digitalisasi birokrasi dan Rembang Smart City (pelayanan masyarakat berbasis teknologi informasi sampai ke desa), meningkatkan kualitas pendidikan dengan program Darma Siswa dan Darma Guru, modernisasi pasar tradisional, penguatan ketersediaan air, penguatan destinasi wisata dan pembuatan ruang terbuka hijau (RTH) tiap kecamatan.

Komisioner KPU Kabupaten Rembang, Moch. Zaenal Arifin menjelaskan dokumen visi, misi dan program pasangan calon akan dijadikan untuk pencetakan alat peraga kampanye dan bahan kampanye. Selain itu, saat debat antar pasangan calon, visi misi dan program juga ditampilkan.

“Dokumen visi misi dan program pasangan calon adalah dokumen bersama yang diserahkan kepada kami sejak tahap pencalonan. Bagi KPU, ini akan dicetak untuk sosialisasi kepada masyarakat, “ ungkapnya.

Arifin menambahkan visi misi pasangan calon juga akan dicantumkan, ketika pemasangan iklan di media, 14 hari sebelum masa tenang. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *