Kab. Rembang Punya PJS Bupati, Tapi Dilarang Menempati Rumah Dinas Bupati. Lhah Tinggal Di Mana?
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo atas nama Mandagri melantik 6 PJS Bupati dan Wali Kota, di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jum’at malam. (Foto atas) PJS Bupati Rembang, Drs. Imam Maskur, Msi.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo atas nama Mandagri melantik 6 PJS Bupati dan Wali Kota, di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jum’at malam. (Foto atas) PJS Bupati Rembang, Drs. Imam Maskur, Msi.

Rembang – Kabupaten Rembang, mulai hari Sabtu besok, 26 September sampai dengan 05 Desember 2020 atau selama 71 hari, resmi mempunyai Bupati baru yang berstatus Pejabat Sementara (PJS).

Hal itu setelah Bupati Rembang Abdul Hafidz dan Wakil Bupati Bayu Andriyanto cuti di luar tanggungan negara, karena keduanya maju mencalonkan diri dalam Pilkada 09 Desember 2020.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo atas nama Menteri Dalam Negeri, Jum’at malam (25/09) mengukuhkan Drs. Imam Maskur, Msi sebagai Pejabat Sementara (PJS) Bupati Rembang, melalui pelantikan di Kantor Gubernur Jawa Tengah. Imam Maskur saat ini masih menjabat Kepala Biro Kesra Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Rembang, Nur Purnomo Mukdi Widodo ketika dikonfirmasi mengatakan sesuai undangan, semula pelantikan akan berlangsung Jum’at pukul 14.00 siang tadi. Namun diundur Jum’at pukul 19.00 Wib, karena Mendagri memerintahkan pelantikan hanya dihadiri pejabat yang melantik dan yang dilantik.

“Jadi kami yang dari Kabupaten Rembang batal ke Semarang. Cukup menyaksikan secara virtual dari ruang rapat pak Bupati Jum’at malam ini, “ ungkap Nur Purnomo.

Pengukuhan Imam Maskur sebagai PJS Bupati Rembang, bersama dengan PJS Wali Kota Semarang, PJS Bupati Klaten, Grobogan, Purworejo dan Purbalingga.

Nur Purnomo menambahkan sebelum pelantikan PJS Bupati Rembang, pihak Pemkab Rembang diminta melaporkan PR apa saja yang sedang dihadapi daerah.

“Hal itu untuk bahan pak Gubernur menyampaikan kepada PJS yang ditunjuk, “ paparnya.

Rumah dinas Ketua DPRD Rembang akan difungsikan untuk rumah dinas PJS Bupati Rembang.
Rumah dinas Ketua DPRD Rembang akan difungsikan untuk rumah dinas PJS Bupati Rembang.

Selain itu, Pemkab Rembang wajib menyiapkan akomodasi bagi PJS Bupati selama bertugas di Kabupaten Rembang. Pasalnya, sesuai surat dari Mendagri, PJS Bupati tidak boleh menempati rumah dinas Bupati maupun Wakil Bupati.

Akhirnya disiapkan rumah dinas Ketua DPRD Rembang, sebelah selatan kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), yang juga berdekatan dengan Kantor Bupati. Kebetulan rumah dinas tersebut saat ini tidak terpakai.

“Yang cuti pak Bupati dan pak Wabup tidak menempati rumah dinas, tapi untuk gaji dan tunjangan tetap menerima. Lha yang PJS Bupati tidak boleh menempati rumah dinas Bupati maupun Wakil Bupati. Yang jelas Rumah dinas, mobil dinas, protokoler, ajudan, sopir, semua sudah disiapkan, “ terang Nur Purnomo.

Khusus rencana perkenalan PJS Bupati dengan pegawai di jajaran Pemkab Rembang, menurut Purnomo diagendakan pada hari Senin besok (28/09). (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *