Siapa Pengganti Gus Kamil Sebagai Ketua DPC PPP Dan Ketua DPRD, Begini Tanggapan Pihak PPP
Gedung DPRD dan kantor DPC PPP Kabupaten Rembang.
Gedung DPRD dan kantor DPC PPP Kabupaten Rembang.

Rembang – Posisi Majid Kamil sebagai Ketua DPC PPP dan Ketua DPRD Rembang, hingga hari Senin (27 Juli 2020) belum diputuskan siapa penggantinya, setelah Gus Kamil demikian sapaan akrabnya, meninggal dunia tanggal 12 Juli 2020 lalu.

Wakil Ketua DPC PPP Kabupaten Rembang, Hafidin Kastur saat dikonfirmasi Senin siang mengatakan sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD-ART), ketika Ketua DPC PPP meninggal dunia, maka akan digantikan oleh salah satu Wakil Ketua, sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Ketua DPC PPP, sampai berlangsung Musyawarah Cabang (Muscab). Proses pemilihan  PLT Ketua, nantinya melalui rapat pengurus harian.

Di DPC PPP kebetulan terdapat 13 orang Wakil Ketua, sesuai bidang masing-masing, yang bisa menjadi Pelaksana Tugas Ketua DPC PPP. Namun menurutnya pihak partai belum mengagendakan rapat pengurus harian, karena masih sebatas koordinasi internal.

“Total Wakil Ketua ada 13 orang. Seingat saya ya ini, ada pak Kholid Suyono Lodan Sarang, Kyai Syofiudin Pancur, Kyai Dahlan Suyuti Sluke, Gus Umam Narukan Kragan, Kaji Supadi Sarang, pak Sugiyarto Pamotan, ada lagi Bu Weti, kemudian saya sendiri. Pokoknya semua 13 orang, “ ungkapnya.

Lalu bagaimana dengan posisi Gus Kamil sebagai Ketua DPRD Rembang ? Hafidin Kastur mengakui hal itu juga belum dibahas, karena kemungkinan akan dibarengkan dengan rapat pengurus harian.

Dulu ketika pengusulan Gus Kamil menjadi Ketua DPRD, harus mengantongi rekomendasi dari DPP PPP. Kala itu terdapat 3 nama yang diusulkan ke pusat, yakni Gus Kamil, Mursyid dan Sulistyo Weti Ariyani, akhirnya terpilih Gus Kamil.

Maka pihak DPC PPP nantinya juga akan mengajukan nama-nama ke DPP, siapa yang akan dipilih untuk menggantikan Gus Kamil menjadi Ketua DPRD.

“Kami juga perlu koordinasi dengan pak Sekretaris DPC PPP (Abdul Hafidz (Bupati sekarang)-Red), kapan rapat pengurus harian diadakan. Jadi untuk Ketua DPRD, memang ada rekomendasi dari pengurus pusat. Kita nanti mengajukan, sesuai hasil rapat pengurus harian, “ tandasnya.

PPP sebelumnya menjadi pemenang Pemilu Legislatif tahun 2019 di Kabupaten Rembang. Partai berlambang ka’bah tersebut mendudukkan 10 orang wakilnya di gedung DPRD Rembang. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *