Foto Profile Sejumlah Kades Dicatut, Untuk Aksi Penipuan
Obrolan chat pelaku dengan calon korban yang diincar melalui WA.
Obrolan chat pelaku dengan calon korban yang diincar melalui WA.

Kaliori – Upaya percobaan penipuan dengan mencatut gambar foto profile kepala desa di Kecamatan Kaliori marak terjadi, akhir-akhir ini.

Modus itu terungkap ketika ada oknum melalui aplikasi WA, menggunakan gambar foto profile kepala desa. Tidak hanya 1 atau 2 kepala desa yang dicatut, tetapi lebih dari itu, karena pelaku menggunakan sejumlah nomor. Setelah memakai nomor WA bergambar foto kepala desa, pelaku meminjam uang kepada warga, melalui obrolan chat.

Ketua Paguyuban Kepala Desa se Kecamatan Kaliori, Bathi menjelaskan nominal uang yang dipinjam antara Rp 3 – 4 Juta. Kasus tersebut terbongkar, setelah ada warga menanyakan langsung kepada kepala desa yang memastikan tidak merasa meminjam uang. Beruntung belum sampai memakan korban.

“Jadi nanya dulu di rekening ada uang nggak, kalau ada ditransfer. Nanti setelah Maghrib mau dikembalikan cash. Dari tutur gaya bahasanya, kelihatannya orang yang sama. Tapi pelaku mencatut foto sejumlah kepala desa, untuk pinjam uang. Karena warga curiga penipuan, makanya nggak jadi kirim uang, “ kata Bathi, Kamis (02/07).

Bathi yang juga Kepala Desa Banggi Petak ini menambahkan peristiwa tersebut tidak dilaporkan kepada aparat kepolisian. Ia sebatas mengimbau masyarakat untuk lebih waspada dan jangan mudah percaya, manakala ada seseorang berdalih meminjam uang. Sebaiknya dikroscek terlebih dahulu, supaya terhindar dari aksi penipuan.

“Zaman sekarang orang memanfaatkan teknologi untuk menipu kan banyak, ya kami himbau lebih hati-hati. Kita sudah komunikasikan masalah ini di WA group kepala desa, “ imbuhnya.

Menurut Bathi, yang masih memicu keheranan adalah kenapa pelaku bisa mempunyai foto profile kepala desa, untuk disalahgunakan. Ia menduga pelaku merupakan orang yang sudah mengetahui atau bahkan mengenal Kades.

“Semoga setelah ini terdeteksi oleh banyak orang, nggak terulang kembali di kemudian hari, “ pungkasnya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *