Ganjar Pranowo Cek Panti, Disisi Lain Kasus Polisi Positif Covid-19 Bertambah Lagi
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunjungi Panti Lansia di Rembang, Rabu sore (01/07).
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunjungi Panti Lansia di Rembang, Rabu sore (01/07).

Rembang – Pemerintah Kabupaten Rembang merelease tambahan kasus Covid-19 sebanyak 7 orang, Rabu malam (01 Juli 2020), bertepatan dengan peringatan HUT Bhayangkara ke-74.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Rembang, Arif Dwi Sulistya ketika dikonfirmasi menjelaskan 7 orang tersebut, masing-masing 3 orang di Kecamatan Rembang Kota, terdiri dari ibu dan 2 anak yang merupakan keluarga dari pasien positif Covid-19.

Kemudian wanita berusia 45 tahun warga Kecamatan Sale, pria 55 tahun warga Kecamatan Rembang Kota, dan pria berusia 47 tahun di Kecamatan Lasem.

“Jadi mereka ini mempunyai riwayat pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Dilakukan rapid hasilnya reaktif, setelah itu dites swab, positif Covid-19. Kami sampaikan bahwa kondisi 6 orang ini baik, tidak mengalami keluhan sakit, “ ujarnya.

Arif menambahkan untuk 1 orang pasien positif Covid-19 lainnya, adalah seorang pria warga Kecamatan Rembang Kota yang saat ini sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus.

“Yang di RS Mardi Rahayu, pasien mempunyai penyakit penyerta jantung. Hasil swab nya positif Covid, “ kata Arif.

Dengan penambahan tersebut, maka kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Rembang per Rabu malam, total kasus 75. Rinciannya, 9 sembuh, 5 meninggal dunia dan sisa orang terpapar Covid-19 sebanyak 61 orang.

“Ada kabar baik juga, untuk tes swab 2 orang kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan 3 camat di jajaran Pemkab Rembang, hasilnya negatif. Kami tak henti-hentinya mengimbau masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan. Pakai masker, rajin cuci tangan dan mematuhi ketentuan jaga jarak. Dengan cara itu, akan efektif mencegah penularan Covid-19, “ pungkasnya.

Saat ditanya soal latar belakang profesi 7 tambahan kasus baru, Arif enggan menyampaikan. Namun berdasarkan penelusuran Reporter R2B dengan sejumlah sumber yang keberatan disebutkan namanya, membenarkan tambahan baru ini, beberapa diantaranya merupakan keluarga polisi dan juga anggota polisi, sehingga diduga masih berkaitan kluster sebelumnya di jajaran Polres Rembang.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Rabu sore mengecek panti Lansia di pinggir Jl. Rembang – Blora. Ganjar ingin memastikan kesiapan panti, untuk melakukan langkah-langkah pencegahan Covid-19, setelah 34 orang pegawai dan penghuni panti terpapar.

“Di dalam sudah nggak ada yang positif, karena yang positif dikeluarkan semua. Nanti yang di dalam kita pantau terus menerus, setiap Minggu sekali diperiksa. Yang sakit, dibawa ke RS atau diisolasi. Makanya kita dari provinsi bantu sarana penunjang di sini, “ ungkap Ganjar. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *