Melegakan, 10 PDP Dinyatakan Negatif Covid-19. Lima Orang Langsung Pulang
RSUD dr. R. Soetrasno Rembang.
RSUD dr. R. Soetrasno Rembang.

Rembang – 10 orang yang sempat menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, mendapatkan hasil melegakan, karena tes swab dua kali terakhir menunjukkan NEGATIF Covid-19.

Dari 10 orang tersebut, 5 boleh pulang dan 5 pasien lainnya dipindahkan ke ruang perawatan biasa. Yang boleh pulang hari Minggu (26 April 2020), termasuk salah satunya pasien positif Covid-19 dari Kabupaten Pati dan sekarang dianyatakan sudah sembuh.

Kepala Seksi Informasi RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, Tabah Tohamik menjelaskan dengan keluarnya 10 pasien dalam pengawasan (PDP) tersebut, maka per Minggu siang ini, masih ada 17 orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

“Kami informasikan 10 pasien yang boleh keluar dari ruang isolasi ini, 5 langsung pulang dan 5 dipindahkan ke ruang perawatan biasa. Hal ini mendasarkan pada hasil tes swab dua kali terakhir, negatif Covid-19. 10 orang ini, 2 warga Kabupaten Pati dan 8 warga Kabupaten Rembang, “ terangnya.

Lalu kenapa warga sebuah desa di Kecamatan Rembang Kota yang sempat dinyatakan positif Covid-19 sampai sekarang belum juga pulang ? Tabah mengakui pasien tersebut sudah dites swab sebanyak 8 kali. Hasilnya memang tarik ulur, antara negatif dan positif, begitu seterusnya, sehingga belum bisa dipulangkan.

“Sempat yang terakhir dua kali tes swab dikirim, hasilnya yang satu positif yang satu negatif, begitu terus. Ini total sudah 8 kali tes swab, “ kata Tabah.

Meski yang bersangkutan berada di ruang isolasi 1 bulan lebih, tapi kondisinya sangat baik.

“Bahkan secara terapi tidak perlu pengobatan. Hanya rutin minum obat dan vitamin, nggak diinfus. Tapi masih berada di ruang isolasi, tunggu perkembangan lebih lanjut, “ tandasnya.

Untuk efektivitas penanganan apabila kedepan pasien semacam ini terjadi lagi, alternatif berikutnya perlu dipindahkan ke rumah singgah. Pihak rumah sakit dan Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang akan membicarakan lebih lanjut seputar rencana rumah singgah, pada hari Senin (27/04) besok. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *