Ngurus KTP Diwakilkan Orang Lain, Boleh Saja Asal…
Tulisan gratis dalam pengurusan administrasi kependudukan terpampang di dekat pintu utama loket pelayanan Dindukcapil Kabupaten Rembang.
Tulisan gratis dalam pengurusan administrasi kependudukan terpampang di dekat pintu utama loket pelayanan Dindukcapil Kabupaten Rembang.

Rembang – Pemerintah Kabupaten Rembang memastikan persediaan blangko KTP elektronik di kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil masih mencukupi. Masyarakat dihimbau tidak perlu sampai berdesak-desakan, bahkan beberapa waktu lalu sempat mengakibatkan pintu loket pelayanan jebol.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengatakan blangko KTP yang disediakan oleh pemerintah pusat masih banyak, namun didistribusikan ke daerah-daerah secara bertahap. Ia mengimbau masyarakat bersabar, karena pemerintah akan mencukupi kebutuhan blangko KTP.

“Pemerintah menyediakan blangko KTP cukup kok, cuman pendistribusiannya bertahap. Saya mohon masyarakat bersabar, nggak usah desak-desakan sampai pintu jebol. Sudah ada jaminan dari Mendagri, “ kata Bupati.

Hafidz menambahkan boleh-boleh saja warga meminta bantuan perangkat desa maupun perantara, untuk mengurus KTP. Tapi jangan sampai terjadi pungutan berlebihan, sehingga masyarakat mengeluh. Ia menerima laporan ada yang dikenakan biaya Rp 400 ribu, guna mengurus KTP dan akta kelahiran. Akibatnya, masyarakat menjerit. Bupati menegaskan kalau ingin gratis, sebaiknya diurus sendiri.

“Kemarin ada usulan, pak kalau bisa tidak harus orangnya sendiri yang datang, ya monggo. Tapi jangan sampai muncul penarikan biaya berlebihan, ditarik Rp 100 ribu, 200 ribu. Kami nggak ingin 1 orang bawa 10 – 20 KTP, kemudian dimanfaatkan. Segala pengurusan administrasi kependudukan, gratis. Nggak ada bayar serupiah pun, “ terangnya.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, warga di Kabupaten Rembang yang memegang surat keterangan (Suket) pengganti sementara KTP, jumlahnya mencapai 20 ribu orang. Saat ini yang sudah tercetak sekira 7 ribuan, sehingga masih tersisa 13 ribuan orang. Persediaan blangko KTP sampai Jum’at siang, masih 3 ribuan keping. Pihak Dinas Kependudukan Dan pencatatan Sipil akan kembali berangkat ke Jakarta untuk mengambil blangko KTP, apabila persediaan sudah menipis. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *