Akses Jalan Dusun Terpencil, Kades Angkat Bicara
Pelajar pulang sekolah naik angkutan menuju Dusun Siwalan Sukun Desa Dadapan. (Foto atas) Perbukitan Lemah Putih – Kumbo.
Pelajar pulang sekolah naik angkutan menuju Dusun Siwalan Sukun Desa Dadapan. (Foto atas) Perbukitan Lemah Putih – Kumbo.

Sedan – Infrastruktur jalan di puncak gunung Dusun Siwalan Sukun Desa Dadapan menuju Desa Kumbo Kecamatan Sedan, diusulkan agar mendapatkan sentuhan penanganan. Pihak desa menganggap perbaikan jalur tersebut untuk memangkas ketertinggalan daerah terpencil.

Saat talk show Halo Bupati di Balai Desa Dadapan, Kecamatan Sedan, Kamis (30/01), Zuber Utsman, Kepala Desa Dadapan menjelaskan saat ini kondisi jalan kurang layak. Apabila ditingkatkan kualitasnya, paling tidak akan memudahkan mobilitas masyarakat Dusun Siwalan Sukun menuju Kumbo dan Gandrirojo. Kebetulan Bupati dulu juga pernah menyampaikan akan memperbaiki akses jalan tersebut.

“Jenengan ampun lali lho pak Bupati, soalnya pernah disampaikan. Kalau lali ya mboh pak. Jadi di Siwalan Sukun itu ada jalan ngepang, ke kanan menuju Kumbo, ke kiri arah Gandrirojo. Biar lebih cepet, nggak muter. Kami juga berharap jalan antara Dadapan – Bogorejo ikut diperbaiki, “ tuturnya.

Solusi Keluhan Lambung

Mendengar keluhan itu, Bupati Rembang, Abdul Hafidz menanggapi jalan Siwalan Sukun – Kumbo merupakan jalur alternatif masyarakat. Ia memerintahkan kepada Camat Sedan untuk memprioritaskan saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan. Hafidz juga menginstruksikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, Sugiharto yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk melakukan pengerasan jalan, dengan alokasi anggaran perkiraan Rp 500 Juta.

“Saya sudah tahu jalur itu, dari Gunung Panggang naik terus. Dicatet pak Gik (Sugiharto-Red). Saya kira Rp 500 Juta cukup untuk pengerasan. Nanti waktu Musrenbang jadi prioritas, “ kata Bupati.

Hafidz menambahkan khusus jalan-jalan utama antar desa di Kecamatan Sedan, kondisinya sudah bagus. Ia mencontohkan jalan dari Bangunrejo Kecamatan Pamotan sampai puncak perbukitan Desa Candimulyo Kecamatan Sedan mulus. Begitu pula dari Desa Sambiroto – Karas, juga bagus.

“Kalau dari Nyode sampai Lemah Putih memang ada yang rusak. Tapi tinggal dilakukan perawatan rutin saja tiap tahun, “ pungkasnya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *