Dengan Cara Ini, Diskominfo Perkuat Fungsi Humas Desa & Kecamatan
Suasana bimbingan tekhnis peningkatan SDM komunikasi dan kehumasan, yang digelar oleh Diskominfo Kab. Rembang, Kamis (24/10).
Suasana bimbingan tekhnis peningkatan SDM komunikasi dan kehumasan, yang digelar oleh Diskominfo Kab. Rembang, Kamis (24/10).

Rembang – Fungsi kehumasan di tingkat desa dan kecamatan masih belum diberdayakan secara optimal. Padahal melalui cara tersebut, dapat menjadi daya ungkit potensi desa maupun promosi kegiatan, sehingga mengangkat citra positif kinerja pemerintah.

Hal itu yang melatarbelakangi pelaksanaan bimbingan tekhnis sumber daya manusia (SDM) komunikasi dan kehumasan di Aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Rembang, Kamis (24 Oktober 2019). Kegiatan tersebut diadakan oleh Dinas Komunikasi Dan Informatika Kabupaten Rembang.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik, Hery Kristiyanto melalui Seksi Pengelolaan Informasi, Sulistyowati mengatakan pihaknya mengundang 45 orang peserta dari desa dan kecamatan, guna mengikuti bimbingan tekhnis, agar fungsi Humas kedepan lebih greget.

Solusi Keluhan Lambung

“Setiap kecamatan, ada 3 orang perwakilan. Kita ingin agar yang di desa maupun kecamatan, lebih peduli terhadap fungsi kehumasan. Mereka dilatih untuk membuat content tulisan dan video, “ bebernya.

Sementara itu salah satu peserta bimbingan tekhnis, Ikhsan Ali Setyo Nugroho mengaku materi pelatihan cukup membantu mengangkat semangatnya, untuk lebih berkreasi membuat hasil karya seputar potensi desa. Ikhsan yang merupakan Sekretaris Desa Dasun Kecamatan Lasem tersebut, selama ini sudah sering membuat materi video yang mengangkat kegiatan-kegiatan desa. Setelah ada bimbingan tekhnis, ia semakin memperoleh tambahan bekal bagaimana menulis dan cara mengambil gambar video yang baik.

“Di desa-desa kan sudah ada website. Bimbingan tekhnis ini jadi modal bagi kami mengembangkan website. Jadi berita nggak hanya berupa tulisan, tapi juga video. Ternyata ambil gambar yang baik, ada cara-cara khusus dan triknya. Nanti kita praktekkan di rumah. Kalau ada kegiatan di desa, coba kita dokumentasikan, biar lebih mantap, “ ungkapnya.

Dalam bimbingan tekhnis kali ini, Diskominfo Kabupaten Rembang mendatangkan dua orang narasumber, yakni Abduh “Aim” Immanulhaq dari Tribunnews dan Musyafa Musa dari Radio R2B & iNews TV. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *