Kebakaran Beruntun Di 2 Titik, Salah Satunya Berawal Dari Sarang Tawon
Kebakaran di Desa Tanjung, Kec. Sulang. (foto atas) Kebakaran di Desa Tlogotunggal, Kecamatan Sumber, Minggu (29 September 2019).
Kebakaran di Desa Tanjung, Kec. Sulang. (foto atas) Kebakaran di Desa Tlogotunggal, Kecamatan Sumber, Minggu (29 September 2019).

Rembang – Dua kebakaran terjadi pada hari Minggu (29 September 2019) di lokasi yang berbeda. Salah satu penyebabnya karena sarang tawon. Lho kok bisa seperti itu ?

Peristiwa kebakaran pertama di Desa Tanjung, Kecamatan Sulang. Obyek yang terbakar adalah kebun jati berhimpitan dengan perumahan penduduk. Diduga ada warga membakar sampah. Lantaran angin kencang, api meluas, sehingga mendekati rumah warga.

Khawatir semakin menjalar, akhirnya petugas pemadam kebakaran Pemkab Rembang didatangkan, untuk menjinakkan si jago merah. Proses pemadaman dengan armada 1 mobil pemadam dan 1 truk tangki, baru berakhir sekira pukul 11.56 Wib.

Kebakaran kedua terjadi di Desa Tlogotunggal, Kecamatan Sumber. Kali ini yang terbakar adalah rumpun bambu, namun dekat dengan permukiman penduduk. Pemicu sumber api disinyalir karena ada warga membakar sarang tawon di pohon bambu. Api belakangan semakin membesar, sehingga warga melapor ke Posko Damkar.

Petugas Damkar yang tiba di TKP, segera menyemprotkan air. Sekira pukul 12.38 Wib, api akhirnya dapat dipadamkan.

Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Dan Pemadam Kebakaran Satpol PP Kabupaten Rembang, Wiyoto berharap aparat desa membantu sosialisasi waspada kebakaran kepada warganya masing-masing. Kondisi panas terik dan angin kencang seperti saat ini, rawan memicu kebakaran.

“Dari aktivitas bakar sampah, kemudian mengakibatkan kebakaran besar, sudah sering terjadi. Jangan sampai menunggu kerugian materiil atau jatuhnya korban. Lebih baik antisipasi sedini mungkin, “ tandasnya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan