Untuk Kab. Rembang Bagian Selatan, Bupati Bocorkan Sesuatu
Bupati Rembang, Abdul Hafidz.
Bupati Rembang, Abdul Hafidz.

Bulu – Bupati Rembang, Abdul Hafidz menargetkan ada industri kelas menengah yang bisa berdiri di wilayah Kabupaten Rembang bagian selatan, antara Kecamatan Sulang dan Kecamatan Bulu.

Abdul Hafidz menjelaskan pihaknya harus menyesuaikan dengan dokumen tata ruang. Kalau pun ada pabrik, tidak akan diletakkan di jalan antara Sulang – Sumber. Namun diarahkan jalur Sulang – Bulu, yang merupakan akses penghubung antara Kabupaten Rembang dengan Kabupaten Blora.

“Industri-industri menengah, seperti PT. Japfa yang bergerak di bidang peternakan akan masuk Desa Karangsari Kecamatan Sulang dan di daerah Sumber. Tanahnya kurang lebih 25 hektar ada, tinggal pembebasan. Untuk wilayah selatan, kami ingin perbanyak industri kelas menengah, “ ucap Hafidz.

Abdul Hafidz menambahkan khusus antara Sulang – Bulu, ia membocorkan sedang menjajaki dengan investor pabrik garmen atau pakaian. Dengan adanya industri berbasis padat karya, diharapkan mampu menampung tenaga kerja sebanyak mungkin. Namun ia enggan menjelaskan lebih rinci lokasinya, karena khawatir memicu calo-calo tanah yang rawan menaikkan harga tanah berlipat-lipat.

“Memang wilayah Kecamatan Sulang, Bulu, Kaliori sama Kecamatan Sumber menjadi PR bagi saya, untuk melakukan pemerataan ekonomi di Kabupaten Rembang, “ terangnya.

Sementara itu, anggota DPRD Rembang dari Fraksi Gerindra, Puji Santoso mengingatkan agar keberadaan pabrik, sebanding dengan dampak positif yang dirasakan oleh masyarakat sekitar. Jangan sampai keterlibatan warga terlalu kecil.

“Yang penting investor mau transparan sama masyarakat. Jangan sampai keterlibatan tenaga kerja lokal sedikit, tapi justru imbasnya kena efek negatif dari operasional pabrik. Misalnya pencemaran. Kerawanan seperti itu, harus ditekan seminimal mungkin, “ kata Puji. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *