Layanan Antar Obat Gratis, Pihak Rumah Sakit Beberkan Siapa Yang Diajak Kerja Sama
Pihak rumah sakit dr. R. Soetrasno Rembang menunjukkan foto – foto pasien rawat jalan menerima obat yang diantar gratis.
Pihak rumah sakit dr. R. Soetrasno Rembang menunjukkan foto – foto pasien rawat jalan menerima obat yang diantar gratis.

Rembang – Setelah memberikan layanan antar pasien rawat inap secara gratis usai dirawat, kini Rumah Sakit dr. R. Soetrasno Rembang meluncurkan fasilitas mengantar obat ke rumah pasien rawat jalan. Lagi-lagi, layanan ini juga gratis. Namun agar obat bisa dikirim, ada syarat yang harus dipenuhi.

Kepala Seksi Pelayanan Penunjang Medis Rumah Sakit dr. R. Soetrasno Rembang, Budi Darmawan menuturkan obat pasien rawat jalan baru bisa diantar ke alamat pasien, asalkan dalam setiap resep minimal terdapat 5 jenis obat atau obat yang harus diracik terlebih dahulu.

“Minimal dalam resep itu ada 5 macam obat. Kalau kurang dari itu, ya nggak bisa kita kirim gratis ke rumah pasien rawat jalan. Selain itu obat yang harus diracik, kalau zaman dahulu digerus, soalnya butuh waktu 30 menit atau bahkan lebih, “ terangnya.

Budi Darmawan menambahkan sebelum mengantarkan obat, petugas farmasi rumah sakit menawarkan kepada pasien. Apakah obat diambil pasien atau diantar, menyesuaikan keinginan pasien. Pada tahap awal ini, baru diberlakukan untuk pasien yang tinggal di tiga kecamatan, masing – masing Kecamatan Rembang Kota, Kaliori dan Kecamatan Lasem. Layanan akan berjalan antara hari Senin – Sabtu, sedangkan jam layanan berbeda.

“Untuk Kecamatan Rembang dan Kaliori, pendaftaran dibatasi sampai pukul tiga sore, sedangkan untuk Kecamatan Lasem sampai pukul satu siang. Petugas farmasi yang melakukan screening. Memenuhi syarat nggak, ditawarkan kepada pasien perlu diantar atau nggak. Kalau diantar, dicatat pula nomor HP pasien yang bisa dihubungi. Yang antar, kita kerja sama dengan pihak JNE. Semula mau sama Grab ojek online, tapi nggak jadi, “ imbuh Budi.

Menurut Budi, upaya tersebut untuk mengurangi waktu tunggu pasien di rumah sakit. Nantinya setelah 4 bulan akan dievaluasi, guna menentukan perluasan cakupan wilayah ke kecamatan lain.

“Yang jelas kami ingin memangkas waktu tunggu pasien di rumah sakit, biar nggak berjubel. Untuk kecamatan lain akan diberlakukan juga, namun menunggu setelah ada hasil evaluasi, “ tandasnya.

Selain mengantar obat bagi pasien rawat jalan, pihak rumah sakit juga melayani konsultasi obat 24 jam yang diberi nama “Halo Farmasi”. Pasien rawat inap maupun rawat jalan, dapat menghubungi nomor 081 129 943 33, untuk mendapatkan kejelasan. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *