Tebing Baru Dibangun Usai Longsor, Pilih Konstruksi Beda
Pembangunan tebing baru di Dusun Siwalan Sukun, Kamis pagi (06/12), usai mengalami longsor.
Pembangunan tebing baru di Dusun Siwalan Sukun, Kamis pagi (06/12), usai mengalami longsor.

Sedan – Koramil Sedan mengerahkan 8 orang personel untuk membantu warga Dusun Siwalan Sukun Desa Dadapan Kecamatan Sedan, dalam rangka pemulihan tebing longsor di dusun tersebut.

Komandan Koramil Sedan, Kapten Juli Eko menjelaskan 8 personel itu digilir. Mulai Kamis pagi (06 Desember 2018), proses pembangunan tebing baru sudah dimulai. Posisi tebing yang semula tegak lurus, konstruksinya sekarang dibuat miring, agar tidak mudah mengalami longsor susulan.

“Kita buat miring dan ada pembuangan air, biar lebih kuat menahan, saat hujan deras. Untuk rumah 1 warga yang rusak terkena material longsor, dinding kayunya sudah selesai kita perbaiki bersama masyarakat, “ ujar Kapten Juli Eko.

Kapolsek Sedan, Iptu Rohmat menyatakan setelah menerima laporan ada tebing longsor di Dusun Siwalan Sukun, anggotanya Rabu sore dikerahkan untuk membantu melakukan pembersihan sisa – sisa longsor yang menutupi badan jalan. Jalan semula tidak bisa dilewati, kini motor maupun mobil sudah bisa melintas.

“Kemarin sore sama tadi pagi saya juga naik ke sana. Jalan sudah dibuka dan penebingan baru dimulai. Alhamdulilah bisa gerak cepat, “ tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Dadapan, Zuber Utsman menganggap semangat kegotongroyongan masyarakat Dusun Siwalan Sukun cukup tinggi. Mereka saling membantu, termasuk kebutuhan tenaga maupun material bangunan. Setelah peristiwa tersebut, ia sendiri sempat keliling kampung, memetakan titik – titik kerawanan longsor. Sejauh ini kondisi belum begitu mengkhawatirkan. Namun ketika curah hujan tinggi, Zuber sebatas mengimbau warga selalu waspada.

“Kalau selesainya tebing kapan, belum bisa diprediksi. Soalnya baru mulai kok. Terlepas dari hal itu, ya mari kita – sama cermati lingkungan sekitar. Bagaimanapun kalau hujan lebat, ibaratnya seperti angkutan kelebihan muatan. Yang jelas serba rawan, “ ungkap Zuber.

Peristiwa tebing longsor di Dusun Siwalan Sukun Desa Dadapan, Selasa malam (04/12) merupakan kasus longsor pertama pada musim penghujan bulan Desember tahun ini. Di Kecamatan Sedan, terdapat beberapa desa lain yang masuk zona merah kerawanan longsor, yakni Desa Kumbo, Lemahputih dan Desa Candimulyo. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *