600 Ribu Benih Ikan Ditebar, Dislutkan Anggap Lokasi Ini Paling Tepat
Penebaran benih ikan bandeng di jembatan merah kawasan hutan bakau Dusun Kaliuntu, Desa Pasar Banggi, Rabu pagi.
Penebaran benih ikan bandeng di jembatan merah kawasan hutan bakau Dusun Kaliuntu, Desa Pasar Banggi, Rabu pagi.

Rembang – 600 ribu ekor benih ikan bandeng, Rabu pagi (12 September 2018) ditebar di pinggir pantai, kawasan jembatan merah hutan bakau Dusun Kaliuntu, Desa Pasar Banggi, Rembang.

Benih ikan merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Lalu Muhammad Syafriadi menjelaskan pada tahap berikutnya, Kabupaten Rembang akan kembali mendapatkan bantuan 500 ribuan ekor benih ikan bandeng. Langkah tersebut bertujuan untuk meningkatkan populasi ikan di daerah pinggiran pantai.

“Benih ikan kita tebar untuk titik – titik air payau, jadi nggak langsung ke tengah lautan lepas. Targetnya, setiap tahun kegiatan semacam ini menjadi program rutin dari Dislutkan Jawa Tengah, “ terang Lalu.

Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Rembang, Suparman mengungkapkan dipilihnya hutan bakau Kaliuntu, Desa Pasar Banggi, karena lokasi tersebut cocok untuk perkembangbiakan ikan. Ia berharap akan semakin banyak ikan, sehingga dapat meningkatkan hasil tangkapan nelayan.

“Hutan bakau kan memang pas untuk ditebari ikan. Biar nantinya ikan bertelur di bawah pohon sini, kemudian kalau beranak pinak, dapat bermanfaat bagi nelayan. Pokoknya makasih atas kepedulian Pemprov Jawa Tengah, “ beber Suparman.

Sementara itu, Rasno, Kepala Desa Pasar Banggi mengakui banyak nelayan di kampungnya melaut di area pinggiran, karena mereka sebatas menggunakan perahu kecil. Seiring dengan hasil tangkapan ikan menurun, Rasno berharap penebaran benih ikan semacam itu diperbanyak. (Musyafa Musa/ Wahyu Adhi).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *