Pertahankan Tradisi, Ini Tujuan Tayuban di Punden
Warga Desa Gedangan, Rembang menggelar tradisi tayuban di punden setempat.
Warga Desa Gedangan, Rembang menggelar tradisi tayuban di punden setempat.

Rembang – Warga Desa Gedangan, Kecamatan Rembang Kota hingga kini masih mempertahankan ritual tayuban di punden desa setempat, ketika berlangsung pesta sedekah bumi.

Kegiatan tersebut diawali dengan ratusan warga membawa makanan, masing – masing di letakkan ke dalam wadah khusus. Setelah itu mereka jalan kaki, bersama – sama dengan sejumlah penari tayub atau ledek, menuju punden.

Tak berselang lama, warga kaum pria menggelar tayuban bergantian dengan para penari. Kepala Desa Gedangan, Sodiq mengatakan ritual semacam itu mempunyai sejumlah arti. Paling pokok adalah melestarikan peninggalan budaya Jawa turun temurun.

Menurutnya, sedekah bumi merupakan sarana bagi masyarakat untuk bersyukur kepada Allah SWT, atas limpahan rezeki dan kesehatan.

“Ritual semacam ini nggak ada maksud syirik atau apa. Tujuan kami ingin melestarikan tradisi Jawa dari simbah – simbah kita dulu. Muda – mudahan tahun depan, hasil panennya lebih banyak. Warga selalu mendapatkan kesehatan, “ ujarnya.

Sodiq menambahkan sepanjang kegiatan, masyarakat setempat antusias menyaksikan tayuban di punden. Begitu selesai, tokoh agama kemudian memimpin do’a bersama. Selain itu, warga juga menikmati makan di sekitar punden. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *