2024 Menjadi Tahun Spesial Bagi Radio R2B, Yang Pertama Sejak Berdiri
Program Acara Radio R2B di tahun 2024.
Program Acara Radio R2B di tahun 2024.

Rembang – Radio R2B menjadikan tahun 2024 sebagai momen spesial, karena studio radio yang terletak di Jl. Pemuda KM 03 Rembang itu, merombak total seluruh program acara mulai awal Januari 2024, supaya lebih kekinian. Momentum tersebut merupakan yang pertama kali sejak radio berdiri.

Direktur Utama Radio R2B, “Onny” Abi Wahono menjelaskan sudah 30 tahun pihaknya menggunakan format siaran yang lama, sebagai radio keluarga, dengan lebih banyak lagu dangdut. Tiap acara juga memiliki durasi pendek, rata-rata 1 jam.

“Itu dulu, yang kita jalankan selama ini, sampai akhir Desember 2023,” tuturnya.

Tapi untuk format siaran 2024, porsi lagu dangdut ditambah dan semuanya memakai lagu dangdut live panggung.

“Jadi lagu dangdut live terbaru maupun cover lagu-lagu lama yang diaransemen ulang, itu yang kita putar untuk menghibur pendengar. Dari pagi sampai sore, full dangdut,” kata Onny.

Perbedaan lainnya, per acara memiliki durasi lebih panjang, antara 2 – 3 jam.

Begitu pula dengan materi siaran, penyiar menyampaikan informasi dan berita-berita terkini. Program Ada Apa Dengan Rembang dihilangkan, berganti Gudang Info. Tapi untuk Wedangan (berita berbahasa Jawa) dan Kopi Pagi masih tetap ada.

“Informasi lokal Kabupaten Rembang tetap menjadi prioritas utama, di samping juga Eks Karesidenan Pati dan Jawa Tengah. Tentu untuk media sosial dan website kami, akan lebih diperkuat, ” tandasnya.

Abi Wahono menambahkan budaya kearifan lokal seperti seni tayub, wayang dan kethoprak tetap dipertahankan.

“Langen beksan tayub masih di rentang waktu jam 11.00 – 12.00, wayang dan kethoprak seminggu sekali. Campursari juga masih ada di jam 3 sampai 5 sore,” bebernya.

Keroncong kini dikemas dengan lagu-lagu keroncong versi anak muda. Bahkan mendapatkan alokasi waktu 2 jam, dari pukul 6 petang sampai 8 malam.

“Kami namakan Keroncong Asyik,” kata pria yang tinggal di Kasingan, Sukoharjo Rembang ini.

Sedangkan malam sampai dini hari ada kombinasi menarik, antara lagu pop, barat dan dangdut dari masa ke masa.

“Nah..kita ingin pendengar radio juga ada regenerasi,” imbuhnya.

Khusus pukul 04.00 – 05.00 pagi dini hari, R2B menyiarkan Murotal, lantunan ayat-ayat suci Alqur’an.

“Setelah itu pada pukul lima pagi dirangkai dengan Siraman Rohani, dakwah dari ulama. Yang jelas kami siaran 24 jam non stop. Bisa didengar lewat frekuensi 98,4 FM. Yang tidak punya pesawat radio, tinggal klik saja siaran streaming di website r2brembang.com,” pungkas Abi Wahono. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan