Gara-Gara Alasan Ini, Puluhan Siswa Geruduk Radio R2B
Siswa SMA N 2 Rembang mengunjungi Studio R2B, Senin sore (28/08).
Siswa SMA N 2 Rembang mengunjungi Studio R2B, Senin sore (28/08).

Rembang – Banyak cara dilakukan guru untuk memberikan pembelajaran bagi murid-muridnya.

Apalagi setelah ada kurikulum merdeka, guru dituntut mempunyai inovasi agar anak didik lebih memahami materi sekaligus memperkuat kompetensi.

Mohadiono salah satunya. Guru Bahasa Indonesia di SMA N 2 Rembang ini mengaku pada mata pelajaran yang diampu, kebetulan terdapat materi membaca berita.

Seusai jam pulang sekolah, ia memilih langsung mengajak puluhan muridnya ke studio R2B di Jalan Pemuda KM 03 Rembang, agar mereka bisa melihat langsung, ketika penyiar membaca berita.

“Saya cari waktu yang tepat, pukul 4 sore, kan di R2B ada program acara Wedangan, penyiar membaca berita berbahasa Jawa. Jadi setelah pulang sekolah, anak-anak kelas XI saya ajak ke R2B, bareng-bareng 1 kelas dulu, “ tuturnya.

Mohadiono beralasan selama ini program berita di Radio R2B berjalan kontinyu, sehingga masih banyak pendengar setia.

“Selain itu saya juga kenal dengan penyiarnya, jadi lebih mudah koordinasi, meski sifatnya informal, “ imbuh Mohadiono.

Seorang siswa SMA N 2 Rembang, M. Rifan Manani mengatakan ia bersama rekan-rekannya melihat produksi berita, editing suara narasumber, hingga live siaran.

Menurut remaja warga Desa Weton Rembang ini, cara tersebut lebih efektif, sehingga siswa tidak hanya mendapatkan materi di dalam kelas.

“Termasuk penghasilan radio dari mana, kita tanyakan juga tadi. Baru kali pertama ini saya lihat suasana di studio radio. Penyiar ada di ruangan khusus gitu, “ kata Rifan terkekeh.

Setelah rombongan pertama berkunjung pada Senin sore (28/08), nantinya siswa dari kelas lain, akan menyusul menyambangi Radio R2B pada Kamis sore besok.

Direktur Utama Radio R2B, Onny Abi Wahono mengungkapkan pihaknya selalu terbuka bagi siapa saja yang ingin melihat aktivitas di studio.

“Sekaligus kita ingin mengenalkan kepada generasi muda bahwa radio tidak melulu menyiarkan lagu, tetapi ada berita dan content muatan lokal khas Rembang. Kita ajak mereka, yuk dengarkan radio. Kalau nggak punya pesawat radio, bisa mendengar melalui streaming yang jadi satu dengan website r2brembang.com, mudah kan, “ bebernya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan