CCTV Terus Ditambah, Bukti Pemkab Rembang Serius Wujudkan Smart City
Seorang warga mencoba mengakses CCTV melalui aplikasi Rembang Gemilang Mobile, di android.
Seorang warga mencoba mengakses CCTV di aplikasi Rembang Gemilang Mobile, melalui hand phone.

Rembang – Pemerintah Kabupaten Rembang perlahan namun pasti, terus melengkapi sarana dan prasarana untuk mewujudkan langkah menuju Smart City. Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo), pemkab Rembang berencana untuk menambah CCTV sebagai sarana informasi publik.

Kepala Dinkominfo Kabupaten Rembang, Prapto Raharjo mengatakan tambahan CCTV terbaru yaitu milik Dinas Perhubungan (Dinhub), yang terpasang di 2 titik. Yaitu di terminal Rembang dan pertigaan Ngemplak Lasem.

“Kita baru koordinasi sama Dinhub. Mereka baru pasang kemarin di 2 titik. Terminal Rembang dan pertigaan Ngemplak Lasem,” terang Prapto.

Untuk penambahan CCTV baru, pihaknya sudah berupaya mengusulkan ke anggota DPRD. Harapannya sepanjang jalur pantura Rembang, bisa terpasang CCTV dititik yang strategis. Terlebih, keberadaan CCTV selama ini dirasa sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Setidaknya jalur pantura dari Kaliori sampai Sarang terdapat CCTV. Masyarakat sudah banyak mendapat manfaat. Salah satunya bisa memantau kondisi lalu lintas dari handphone,” ungkapnya.

Menurut Prapto, idealnya satu titik CCTV terdapat 3 kamera yang berbeda arah. Apabila rencana penambahan CCTV bisa terlaksana, pantura Kecamatan Sluke dan Kragan akan menjadi titik prioritas pemasangan.

“Sepertinya temen – temen dewan juga tertarik. Harapan kami 2023 terwujud. Kalaupun nggak bisa ya mungkin tahun 2024,” imbuh Prapto.

Akses CCTV bisa dilihat melalui aplikasi Rembang Gemilang Mobile. Ada 2 fitur yang tersedia didalamnya, yaitu layanan publik dan informasi publik. Sejak aplikasi tersebut diresmikan, layanan informasi publik yang paling banyak diakses oleh masyarakat.

“Di aplikasi Rembang Gemilang itu ada layanan publik dan informasi publik. Tapi yang paling banyak diakses ya informasi publik,” pungkasnya.

Dilihat melalui aplikasi Rembang Gemilang, Rabu (30/11), setidaknya ada 4 titik CCTV yang bisa diakses oleh masyarakat. Yaitu di tugu Adipura, perempatan stasiun, terminal Rembang dan pertigaan Ngemplak Lasem. (Kundiantoro/Wahyu Adi).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *