STIE YPPI Lepas Mahasiswa Mengikuti KKU, Mengemban Misi Mulia
Pelepasan mahasiswa STIE YPPI yang akan mengikuti Kuliah Kerja Usaha (KKU).
Pelepasan mahasiswa STIE YPPI yang akan mengikuti Kuliah Kerja Usaha (KKU).

Rembang – STIE YPPI Rembang menggelar pembukaan pelaksanaan Kuliah Kerja Usaha (KKU) Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan KKU Reguler Tahun 2022.

Kegiatan ini resmi dibuka oleh Wakil Ketua Bidang Akademik STIE YPPI Rembang, A. Aviv Mahmudi, di depan perwakilan peserta KKU, jajaran pimpinan STIE YPPI Rembang, Ketua Program Studi dan Perwakilan Dosen Pendamping Lapangan.

Program KKU MBKM dan KKU Reguler merupakan aplikasi teori ke dalam praktek lapangan sesuai Visi STIE YPPI Rembang yaitu “Menjadi Perguruan Tinggi Terkemuka di Pantura Jawa Tengah Bagian Timur Paling Lambat pada Tahun 2025 yang Menghasilkan Lulusan Unggul dalam Mengaplikasikan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Berjiwa Entrepreneur dan Mandiri”.

“KKU MBKM bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa dengan peningkatan kemampuan menerapkan Iptek, keahlian manajemen dan akuntansi serta adopsi inovasi tekhnologi, “ kata Aviv.

Aviv Mahmudi memberikan arahan sebelum mahasiswa melaksanakan program KKU. Ia membeberkan ada perbedaan konsep antara KKU MBKM dan KKU Reguler.

Pada peserta KKU MBKM diharapkan tidak hanya fokus pada output proposal usaha tetapi lebih menyiapkan dan membekali diri untuk menjadi entrepreneur yang baik dan akan muncul usaha-usaha baru saat mahasiswa menempuh program kewirausahaan yang nantinya akan ditempuh di semester 7.

Sementara untuk peserta KKU Reguler diharapkan mampu melakukan pendampingan dan pemberdayaan UMKM, serta bermanfaat dalam pengembangan UMKM yang didampingi.

Berdasarkan informasi dari Ketua LPPM STIE YPPI, Damayanti bahwa pelaksanaan KKU MBKM Tahun 2022 tercatat 76 mahasiswa yang mengikuti, terdiri dari 24 mahasiswa jurusan Akuntansi dan 52 mahasiswa jurusan Manajemen dengan praktek lapangan pada 38 UMKM yang didampingi.

UMKM tersebut tersebar di seluruh Kecamatan se  Kabupaten Rembang. Dalam pelaksanaan KKU MBKM ini akan didampingi dan dibimbing oleh 11 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

“Sedangkan jumlah peserta yang mengikuti KKU Reguler Tahun 2022 sebanyak 29 mahasiswa dari Prodi Manajemen, yang mendampingi 15 UMKM di 5 Kecamatan, meliputi Kaliori, Sumber, Sulang, Lasem dan Pancur, “ terangnya.

Damayanti menimpali KKU MBKM dan KKU Reguler ini dimulai sejak tanggal 25 Maret 2022.

Harapannya sebagai bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian secara langsung agar mahasiswa mendapatkan kesempatan belajar di tengah-tengah masyarakat.

“Selain itu juga dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemajuan masyarakat, “ pungkasnya. (Release Humas STIE YPPI).

News Reporter

Tinggalkan Balasan