Pohon Tumbang Di 3 Lokasi, Berjibaku Sampai Larut Malam
Pohon tumbang di sebelah timur Desa Japerejo, Kecamatan Pamotan, Sabtu sore.
Pohon tumbang di sebelah timur Desa Japerejo, Kecamatan Pamotan, Sabtu sore. (Foto atas) pohon tumbang melintang di Jl. Raya Rembang – Sumber.

Rembang – Pohon tumbang di sejumlah lokasi di Kabupaten Rembang, akibat hantaman angin kencang, membuat para relawan dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) harus berjibaku menyelesaikan.

Apalagi robohnya pohon, sempat menghalangi jalan dan mengakibatkan arus lalu lintas terhambat.

Pohon tumbang pertama dilaporkan berada di jalan raya Rembang – Pamotan, tepatnya sebelah timur Desa Japerejo Kecamatan Pamotan, Sabtu sore.

Hanifah, seorang pengguna jalan mengatakan ukuran pohon sangat besar. Posisinya menutup jalan, sehingga sepeda motor maupun mobil tidak bisa melintas.

“Macetnya lumayan panjang sore kemarin. Apalagi turun hujan deras, sehingga banyak yang memilih putar balik, lewat jalan lain, ” ungkapnya.

Warga sekitar dibantu para relawan dan pemakai jalan, bahu membahu membersihkan ranting-ranting pohon, dengan peralatan seadanya. Setelah itu, disusul petugas BPBD menggunakan gergaji mesin, untuk memotong batang pohon.

Pohon tumbang di Desa Tasikagung.
Pohon tumbang di Desa Tasikagung.

Peristiwa pohon tumbang juga terjadi di Desa Tasikagung, Rembang. Pohon sempat menimpa bangunan rumah warga.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun proses pemotongan pohon membutuhkan waktu cukup lama, hingga larut malam.

Di jalan raya Rembang – Sumber, tepatnya sebelah timur Desa Grawan Kecamatan Sumber, juga ada pohon asem tumbang ke tengah jalan.

Munawar, seorang warga Desa Grawan mengatakan ukuran pohon lumayan besar. Pengendara sepeda motor masih bisa lewat, tapi untuk mobil tidak bisa.

“Motor pun ya darurat, lewat di sela-sela bawah pohon, membahayakan, ” kata Munawar.

Munawar menambahkan proses pemotongan dan evakuasi pohon melibatkan masyarakat, relawan serta petugas BPBD Kabupaten Rembang. Sekira pukul 23.15 Wib Sabtu malam, baru selesai.

“Robohnya kira-kira jam 8 malam. Semula yang ranting pohon, kita potongi dulu. Yang besar-besar, kami harus menunggu petugas BPBD, soalnya mesti pakai gergaji mesin. Kalau pakai alat manual, lama, ” terangnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Rembang, Sri Jarwati menjelaskan pihaknya langsung terjun ke lokasi pohon tumbang di 3 titik tersebut, setelah menerima informasi. Menurutnya, dari serangkaian kejadian itu, tidak menimbulkan korban luka maupun korban jiwa.

“Semua sudah tertangani. Alhamdulilah nggak ada korban jiwa. Kita juga mengimbau masyarakat waspada, saat cuaca buruk disertai angin kencang. Kalau kondisi dianggap tidak memungkinkan, sebaiknya berlindung sementara ke tempat yang aman, ” papar Sri. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan