Kerja Bhakti Mulai Luntur, Ketua DPRD Rembang Ajak Giatkan “Jum’at Bersih”
Warga Desa Banowan, Kecamatan Sarang menggiatkan “Jum’at Bersih”. Ketua DPRD Rembang, Supadi tampak hadir di tengah-tengah mereka, Jum’at (03/12).
Warga Desa Banowan, Kecamatan Sarang menggiatkan “Jum’at Bersih”. Ketua DPRD Rembang, Supadi tampak hadir di tengah-tengah mereka, Jum’at (03/12).

Sarang – Lunturnya semangat kerja bhakti di tengah masyarakat, membuat Ketua DPRD Rembang, Supadi tergerak untuk mengkampanyekan “Ayo Kerja Bhakti”.

Supadi mengatakan setidaknya hal itu bisa digelar setiap hari Jum’at.

“Ya bahasanya Jum’at Bersih gitu mas, “ ujarnya.

Ia mengawali dari kampungnya sendiri di Desa Banowan, Kecamatan Sarang, hari Jum’at (03 Desember 2021). Supadi menggerakkan warga sekitar, untuk membersihkan saluran air, jalan maupun lorong-lorong gang, agar lebih bersih.

Supadi mengamati semangat warga kerja bhakti antara dulu dan sekarang, berbeda. Dulu, masyarakat begitu kompak, ketika mendengar suara kenthongan.

Saat ini kesadaran semacam itu mulai bergeser, karena berbagai faktor. Makanya ia ingin masyarakat semangat lagi menggalakkan kerja bhakti. Selain demi lingkungan, cara tersebut juga bisa meningkatkan kerukunan antar warga.

“Bukan kok sedikit-sedikit tanya mana uangnya, mana uangnya. Maksud saya biar tumbuh kesadaran warga, bahwa kebersihan lingkungan ini tanggung jawab kita bersama, “ tandasnya.

Supadi menambahkan gerakan “Jumat Bersih” merupakan momentum yang tepat, karena sudah memasuki musim penghujan. Dengan lingkungan bersih, diharapkan mengurangi sarang nyamuk dan mencegah banjir akibat saluran air tersumbat.

Ia mengimbau masyarakat di lingkungan RT/RW semua desa, dapat melakukan upaya yang sama.

“Monggo dari desa menjadwalkan, kemudian diteruskan ke RT/RW, biar warganya bergerak, “ imbuh Supadi.

Pada awal musim penghujan ini, sejumlah titik jalan di wilayah Kabupaten Rembang tergenang banjir. Selain kondisi lingkungan dan drainase yang tidak memadai, masalah sampah yang menutupi saluran juga sangat memprihatinkan. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *