Perjalanan Mohammad Anshori Menggantikan Alm. Majid Kamil, Jadi Anggota DPRD
Mohammad Anshori dilantik menjadi anggota DPRD Rembang, Jum’at (25/09).
Mohammad Anshori dilantik menjadi anggota DPRD Rembang, Jum’at (25/09).

Rembang – Mohammad Anshori (41 tahun) warga Desa Sedan, Kecamatan Sedan resmi menjadi anggota DPRD Rembang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), melalui mekanisme pergantian antar waktu (PAW).

Ia menggantikan sosok Majid Kamil Maimoen Zubair, yang meninggal dunia pada hari Minggu (12 Juli 2020) silam. Sebelum wafat, Majid Kamil merupakan Ketua DPRD Rembang.

Pelantikan Mohammad Anshori berlangsung dalam rapat paripurna di gedung DPRD Rembang, Jum’at pagi (25 September 2020), dipimpin Pelaksana Tugas Ketua DPRD Rembang, Bisri Cholil Laquf.

Laquf menyatakan pemberhentian dengan hormat Majid Kamil Maimun Zubair dan mengangkat Mohammad Anshori sebagai pengganti.

“Memberhentikan dengan hormat saudara Majid Kamil Maimoen Zubair sebagai anggota DPRD karena meninggal dunia dan meresmikan pengangkatan saudara Mohammad Anshori, “ kata Laquf.

Bisri Cholil Laquf menambahkan dari total 44 anggota DPRD, tercatat 37 orang yang hadir dalam rapat paripurna tersebut. Tapi karena agenda pergantian antar waktu anggota DPRD tidak perlu memperhatikan jumlah kehadiran anggota, sehingga bisa langsung dilaksanakan.

“Sehubungan pengucapan sumpah janji tanpa memperhatikan anggota yang hadir, tepat pukul 10.23 Wib, rapat paripurna saya nyatakan dibuka, “ tandasnya.

Dihubungi terpisah, Pelaksana Tugas Ketua DPC PPP Kabupaten Rembang, Zaimul Umam mengatakan Mohammad Anshori pada periode 2014 – 2019 sudah pernah menjadi anggota DPRD Rembang.

Kala itu yang bersangkutan menempati Komisi A atau sekarang Komisi I bidang pemerintahan.

Pemilu 2019, daerah pemilihan Sarang – Sedan, PPP merebut 3 kursi, masing-masing atas nama Supadi, Majid Kamil dan Sunardi. Sedangkan Mohammad Anshori menempati suara terbanyak ke-4, dengan mengantongi 3.356 suara. Namun untuk kali ini pihaknya masih mempertimbangkan akan memasukkan Mohammad Anshori ke komisi apa.

“Mas Anshori backgroundnya pengusaha. Kalau dulu pernah punya pengalaman di Komisi A atau I. Kita masih pertimbangkan apakah perlu rollingan atau nunggu teman komisi yang nantinya akan jadi Ketua DPRD definitif, “ paparnya.

Disinggung siapa Ketua DPRD Rembang yang baru untuk menggantikan posisi Alm. Majid Kamil, Zaimul Umam menyatakan baru selesai uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di tingkat Dewan Pengurus Pusat PPP.

Ada 5 orang nama yang diusulkan, yakni Supadi, Sugiharto, Mursyid, Sulistio Weti Ariani dan Abdul Rouf. Diperkirakan Minggu depan rekomendasi dari DPP sudah turun.

“Saya hanya diminta masukan saja, yang menentukan pusat. Semoga Minggu depan sudah muncul 1 nama, “ pungkas adik Gus Baha ini. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *