Seluruh Anggota Dan Pimpinan DPRD Dites Swab, Kapan Keluar Hasilnya ?
Usai tes swab, dua wakil rakyat di DPRD Rembang ini tampak berjemur. (Foto atas) Suasana tes swab anggota DPRD Rembang, Senin (13/07).
Usai tes swab, dua wakil rakyat di DPRD Rembang ini tampak berjemur. (Foto atas) Suasana tes swab anggota DPRD Rembang, Senin (13/07).

Rembang – Puluhan orang anggota dan pimpinan DPRD Rembang, hari Senin (13 Juli 2020) menjalani tes swab. Sebelumnya, Ketua DPRD Rembang, Majid Kamil wafat.

Tes swab bagi 44 anggota dewan ini berlangsung di halaman sebelah barat gedung DPRD Rembang. Satu per satu anggota DPRD masuk bergantian ke dalam ruangan yang telah disediakan, guna diambil sampel lendir hidung dan tenggorokan oleh petugas medis.

Wakil Ketua DPRD Rembang, Bisri Cholil Laquf mendukung kegiatan tersebut, guna memastikan ada tidaknya anggota dewan yang terpapar Covid-19. Ia berharap institusi DPRD Rembang tidak selalu dikambinghitamkan, terkait penyebaran Covid-19.

“Staf, OB, keamanan kantor sebelumnya juga sudah dites swab. Ini untuk memastikan saja sebagai wujud ikhtiar, semoga negatif semua. Antisipasi juga, nggak mau lah kita dijadikan kambing hitam oleh masyarakat. Kemarin karena ini ini, kita khawatirnya itu, “ ujarnya.

Bisri Cholil Laquf menambahkan sudah lama DPRD Rembang tidak mengadakan kunjungan kerja keluar daerah, termasuk tidak menerima tamu dari daerah lain, sampai batas waktu yang belum ditentukan. Lebih lanjut ia menyarankan Pemkab Rembang jangan buru-buru memberlakukan new normal, karena eskalasi penyebaran Covid-19 semakin meningkat.

“Saya kira jangan terlalu buru-buru ya untuk mendeklarasikan new normal, karena kita saat ini sungguh prihatin melihat keadaan ini. Warga belum sepenuhnya sadar terhadap protokol kesehatan, “ imbuh Cholil Laquf.

Anggota DPRD Rembang dari Kecamatan Kragan, Dumadiyono mengakui untuk sementara waktu, aktivitas kedewanan diliburkan sejak tanggal 09 Juli 2020 dan baru akan diputuskan langkah-langkah selanjutnya, setelah hasil tes swab keluar.

“Saya kira tes swab nggak sesakit yang dibayangkan. Biasa-biasa saja. Muda-mudahan semua hasilnya negatif, soalnya berkaitan dengan kegiatan dewan, “ kata politisi Partai Hanura ini.

Sementara itu, salah satu dokter yang melangsungkan tes swab di DPRD Rembang, dr. Syamsul Anwar memperkirakan hasil tes swab akan keluar pada hari Jum’at pekan ini.

“Bukan karena ada peristiwa meninggalnya Gus Kamil ya, tapi ini memang sudah terjadwal. Prosedurnya apabila di dalam kantor ada 1 orang yang positif, maka dilakukan swab. Ini wajib ya, alhamdulilah saya lihat absen kok banyak yang datang, “ terangnya.

Sebagaimana diberitakan, Ketua DPRD Rembang, Majid Kamil menghembuskan nafas terakhir, Minggu malam (12/07), setelah dirawat di RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, sejak tanggal 06 Juli lalu.

Dokter spesialis paru RSUD dr. R. Soetrasno, Mulyadi Subarjo ketika dikonfirmasi membenarkan hasil swab 2 kali kepada pasien, positif Covid-19. Kondisi pasien menurun, lantaran di sisi lain juga mempunyai penyakit penyerta. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *