Update Covid-19 : Langsung Tambah 16 Orang, Pihak Gugus Tugas Ungkap Sebarannya
Arif Dwi Sulistya, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Rembang.
Arif Dwi Sulistya, Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Rembang.

Rembang – Kasus Covid-19 di Kabupaten Rembang, Kamis malam (09 Juli 2020) melonjak. Kali ini tidak tanggung-tanggung, tambahannya langsung 16 orang.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Rembang, Arif Dwi Sulistya menjelaskan ke-16 orang itu tersebar di Kecamatan Lasem 5 orang, Kecamatan Sedan 2 orang, Kecamatan Kaliori 2 orang dan Kecamatan Rembang Kota sebanyak 7 orang.

“Jadi ini hasil tracing pada kontak erat pasien positif sebelumnya dan juga swab yang dilakukan terhadap pasien hasil rapid reaktif, dalam kegiatan rapid massal sebelumnya. Kebetulan hasil swab keluar bersamaan, kami konfirmasi bertambah 16 kasus, “ ungkap Arif.

Arif menambahkan sejak pelaksanaan swab hingga sekarang, mereka melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Berdasarkan protokol Badan Kesehatan Dunia/WHO maupun surat edaran Menteri Kesehatan, apabila warga positif Covid-19 tanpa gejala klinis, dapat isolasi mandiri, dengan pengawasan pihak Puskesmas serta Satgas Gugus Desa, supaya mereka tidak melakukan kontak sosial.

“Kondisinya orang tanpa gejala (OTG). Tapi kalau ada keluhan, petugas Puksesmas setempat akan melakukan langkah-langkah penanganan, “ tandasnya.

Dengan penambahan tersebut, maka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Rembang per Kamis malam (09/07) totalnya mencapai 101. Rinciannya, 21 orang sembuh, 6 orang meninggal dunia dan sisa warga terpapar Covid-19 saat ini sebanyak 74 orang.

“Kami senantiasa mengingatkan masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Sering cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak, “ pungkas Arif yang juga menjabat sebagai Kabag Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Daerah Pemkab Rembang ini. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *