Update Covid-19 : Tambah 13 Orang, Pihak Gugus Tugas Jelaskan Kesiapan Rumah Sakit
Suasana RSUD dr. R. Soetrasno Rembang.
Suasana RSUD dr. R. Soetrasno Rembang.

Rembang – Kabupaten Rembang mengalami penambahan kasus positif Covid-19 pada hari Jum’at (26 Juni 2020) sebanyak 13 orang, setelah diterima hasil tes swab tracking kontak erat pasien positif sebelumnya.

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Rembang, Arif Dwi Sulistya menjelaskan 13 orang tersebut, masing-masing 4 orang positif dari keluarga Almarhum Tn. H (isteri, 2 anak dan kerabat yang tinggal serumah), beralamat di Kecamatan Rembang Kota.

Kemudian 3 orang positif adalah keluarga Ny. S (suami dan 2 anak) beralamat di Kecamatan Rembang Kota. 1 orang positif dari klaster Panti Lansia (pria 33 tahun) warga Kecamatan Rembang Kota.

Selanjutnya 3 orang positif adalah keluarga Tn. M (isteri, anak dan saudara) di Kecamatan Rembang Kota. Yang terakhir 2 orang positif, pernah kontak erat di tempat kerja dengan Alm. Tn H dan Tn. M ( keduanya pria berusia 38 tahun warga Kecamatan Sarang dan pria berusia 58 tahun warga Kecamatan Kragan).

“Semua orang tersebut dijemput dan sudah diantar oleh petugas Puskesmas setempat, untuk selanjutnya diisolasi di RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, “ terangnya.

Arif menegaskan berdasarkan koordinasi dengan pihak RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, sejauh ini masih sanggup menampung dan melayani pasien baru, dengan menambah tempat tidur di ruang isolasi. Mengingat, di Kabupaten Rembang mempunyai kebijakan, ketika seseorang positif Covid-19, wajib menjalani perawatan di rumah sakit dan tidak boleh isolasi mandiri.

“Pak Direktur RSUD dr. R. Soetrasno sudah menjelaskan ruangan yang ada masih memungkinkan. Apabila jumlah penderita naik, sementara bisa dicukupi oleh RSUD. Tapi jika nggak cukup, pak Bupati bersama Forkopimda sudah menyiapkan tempat alternatif, “ tandasnya.

Dengan penambahan tersebut, kondisi perkembangan Covid-19 di Kabupaten Rembang per Jum’at sore (26/06), 35 orang pasien positif Covid menjalani perawatan, 9 orang sembuh dan 4 orang meninggal dunia. Totalnya 48 kasus.

Sedangkan untuk pasien dalam pengawasan (PDP) yang semula 8, kini tinggal 4 orang, karena 4 lainnya hasil swab negatif.

Dihubungi terpisah, Kasi Informasi RSUD dr. R. Soetrasno Rembang, Tabah Tohamik menyatakan bisa saja 1 kamar diisi oleh 2 orang pasien positif Covid-19.

“Kalau total tempat tidur yang kita siapkan ada 50. Jika masih kurang, akan ditambah lagi, “ beber Tabah.

Pihak Gugus Tugas senantiasa juga mengimbau masyarakat tetap mematuhi aturan protokol kesehatan dan jangan mudah percaya dengan berita-berita hoax yang disebarkan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

“Mohon jangan menyebarkan informasi yang belum jelas sumbernya. Mari kita bersama-sama membangun mental optimis, berpikir positif dan saling menjaga, agar Covid-19 tidak semakin meluas, “ pungkasnya. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *