Gempa Bumi Melanda, Warga Panik Berhamburan Lari
Balai Desa Pinggan Kec. Bulu. (Gambar atas) Ilustrasi gempa bumi.
Balai Desa Pinggan Kec. Bulu. (Gambar atas) Ilustrasi gempa bumi.

Bulu – Warga sejumlah desa di Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang merasakan getaran gempa bumi, Minggu (19/05) sekira pukul 23.15 Wib. Getaran tergolong cukup keras, namun hanya sebentar.

Wawan Edi Susanto, seorang warga Desa Pinggan, Kecamatan Bulu menceritakan dirinya waktu itu sedang mengobrol di dalam Balai Desa Pinggan, bersama sejumlah perangkat desa. Mendadak terjadi getaran, bahkan atap bangunan balai desa bergerak. Spontan, ia bersama perangkat desa langsung lari keluar. Wawan memperkirakan getaran gempa berlangsung selama 3 detik.

“Kami di balai desa, karena kebetulan di luar ada pekerja lembur membuat talud sampai malam. Kalau warga kebanyakan sudah tidur. Saya sama pak Sekdes, Kadus dan Kaur Umum enak-enak lagi ngobrol, terdengar suara grek, grek, grek. Ya udah panik, langsung lari keluar, “ ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang, Pramujo membenarkan pihaknya menerima informasi dari masyarakat, terkait gempa bumi, Minggu malam. Umumnya, getaran dirasakan oleh warga Desa Cabean, Pinggan, Lambangan Wetan, Lambangan Kulon, Warugunung, Pondokrejo dan sekitarnya.

Kebetulan ada pegawai BPBD yang berasal dari Desa Cabean Kecamatan Bulu, juga menyampaikan kesaksikan gempa bumi. Namun sampai Senin siang (20 Mei 2019), BPBD belum menerima laporan adanya kerusakan bangunan maupun korban, akibat gempa bumi.

“Pegawai BPBD yang rumahnya Desa Cabean memberikan informasi gempa cuman sebentar, tapi agak kencang memang. Almari di dalam rumah tampak bergerak. Kami sudah koordinasi ke kecamatan-kecamatan, alhamdulilah belum ada laporan kerusakan bangunan, “ ungkap Pramujo.

Berdasarkan akun twitter @infoBMKG, sepanjang hari Minggu (19 Mei 2019) terjadi gempa bumi di sejumlah daerah. Minggu siang di Nusa Tenggara Timur, kemudian Minggu malam di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, dengan kekuatan 4,1 – 5 SR. Sedangkan gempa yang dirasakan di Kabupaten Rembang, BPBD setempat belum mendapatkan info resmi dari BMKG, apakah gempa lokal atau pengaruh getaran pusat gempa dari daerah lain. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *