Perayaan Natal Dan Tahun Baru, Kapolres Rembang Ingatkan Sejumlah Hal Penting Ini
Kapolres Rembang, AKBP Suryadi. (Foto atas) Anggota Polres Rembang menjaga Gereja di Jl. Dr. Wahidin Rembang, Minggu (24/12).
Kapolres Rembang, AKBP Suryadi. (Foto atas) Anggota Polres Rembang menjaga Gereja di Jl. Dr. Wahidin Rembang, Minggu (24/12).

Rembang – Sembilan Gereja di dalam Kota Rembang menjadi prioritas pengamanan Polres Rembang, saat perayaan Natal 2023 ini.

Polisi mendirikan pos di 9 gereja tersebut, dengan pengamanan selama 24 jam non stop.

Kapolres Rembang, AKBP Suryadi menjelaskan total Gereja di wilayahnya ada 34 titik. Khusus Gereja di pelosok desa, pengamanannya melibatkan unsur Polsek setempat dan sejumlah komunitas.

Polres Rembang juga mendirikan 1 pos pelayanan di dekat Alun-Alun Rembang. Pihaknya ingin memberikan rasa aman dan nyaman, selama perayaan Natal.

“Total ada 10 pos, rinciannya 9 pos pengamanan dan 1 pos pelayanan. Jadwal ibadah rata-rata dari Minggu pagi, kemudian Minggu malam dan Senin pagi. Kita antisipasi potensi gangguan Kamtibmas, semoga aman sampai selesai,” tandasnya.

AKBP Suryadi menambahkan untuk malam tahun baru, anggotanya sudah memetakan beberapa titik kerawanan. Pertama, mengantisipasi pesta kembang api skala besar yang tidak berizin.

“Kita menyarankan hal itu tidak dilakukan. Hotel-hotel yang pernah menggelar, anggota kami sudah datang kesana memberikan pemahaman. Demi mewujudkan kenyamanan bersama,” kata Kapolres.

Selain kembang api, arak-arakan (konvoi) kendaraan di jalur Pantura juga akan dibatasi. Mengingat jalur utama tersebut akan cukup padat.

Belum lagi, konvoi semacam itu dengan menggunakan knalpot brong, cenderung rentan memicu gesekan antar warga.

“Kami berkaca pada perayaan tahun baru sebelumnya, hal itu memicu tawuran. Kami tidak ingin terjadi lagi,” imbuhnya.

Anggotanya sudah diperintahkan melakukan patroli secara mobile, sehingga cepat mendeteksi segala kemungkinan yang rentan mengarah pada gangguan Kamtibmas.

“Kami juga minta back up bantuan dari TNI jajaran Kodim Rembang, sekaligus kita mengajak semua lapisan masyarakat, sama-sama menjaga kondusivitas Kabupaten Rembang,” pungkas Kapolres asli Desa Selopuro Kecamatan Lasem ini. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan