Kabar Gembira, Pembuatan Paspor Kini Lebih Mudah
Perwakilan Kantor Imigrasi Pati, saat sosialisasi di Fave Hotel Rembang, Jum'at (24 Juni 2022)
Perwakilan Kantor Imigrasi Pati, saat sosialisasi di Fave Hotel Rembang, Jum’at (24 Juni 2022).

Rembang – Bagi masyarakat yang ingin mengajukan permohonan pembuatan paspor, kini semakin dipermudah. Tidak seperti tahun – tahun sebelumnya, saat ini untuk melengkapi dokumen perjalanan luar negeri tersebut bisa melalui aplikasi M-Paspor.

Aplikasi yang bisa didownload melalui google play store ini sejatinya merupakan pengganti fitur lama, yaitu Aplikasi Pendaftaran Paspor Online (APAPO).

Seusai kegiatan Sosialiasai Keimigrasian Pelayanan Paspor RI dan Pengawasan Orang Asing, di Fave Hotel Rembang, Jum’at (24 Juni 2022) pagi, Kepala Seksi Informasi Teknologi dan Keimigrasian, Kantor Keimigrasian Kelas I Non TPI Pati, Raden Susetyo menjelaskan dengan pelayanan M-Paspor masyarakat bisa mengisi dokumen secara mandiri. Sedangkan jadwal pertemuan dengan petugas keimigrasian, bisa ditentukan waktunya.

“Jadi M-Paspor bisa mempermudah masyarakat. Setelah daftar online lewat aplikasi, nanti tinggal foto, cap sidik jari dan wawancara di kantor. Tinggal diatur saja waktunya kapan bisa datang,” terangnya.

Dalam pelayanan pembuatan paspor, Raden Susetyo menyebut jika Kantor Imigrasi Pati juga tengah gencar melaksanakan kegiatan Sistem Jemput Bola (SIJEMPOL). Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan secara maksimal dan lebih mendekatkan diri dengan masyarakat.

“Intinya kantor imigrasi siap membantu masyarakat agar lebih mudah mendapatkan pelayanan. Jadi kami juga melakukan pelayanan dengan sistem jemput bola,” pungkasnya.

Dalam beberapa waktu belakangan ini, terjadi peningkatan permintaan pembuatan paspor. Selain untuk keperluan Haji dan Umroh, permintaan paspor banyak juga yang digunakan untuk tujuan wisata maupun kerja ke luar negeri. Menariknya, permintaan pembuatan paspor khusus untuk ketenagakerjaan sekarang digratiskan. (Kundiantoro / Wahyu Adhi).

News Reporter

Tinggalkan Balasan