“Kita Dikeroyok, Kadang Maju Kena Mundur Kena…”
Perbaikan jalan Sekarsari – Sumber.
Perbaikan jalan Sekarsari – Sumber.

Rembang – Jalan Kabupaten Rembang saat ini dikeroyok oleh truk-truk bertonase berat yang bobotnya melampaui ketentuan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kabupaten Rembang, Sugiharto menyampaikan masalah tersebut, guna menanggapi kenapa jalan kabupaten cepat rusak.

Ia memilih kata dikeroyok, karena kendaraan yang bobotnya over, menyebar merata di sisi timur, tengah maupun barat, akibat sektor pertambangan semakin menggeliat.

Di wilayah timur, jalur Sedan – Sarang, Sedan – Pandangan dan Sedan – Sale menjadi jalur perlintasan truk-truk tambang dengan bobot muatan tidak sebanding kelas jalan.

“Truk tambang yang besar-besar itu bisa sampai 20 hingga 30 ton, ya sudah pasti hancur jalannya, wong maksimal harusnya 8 ton, “ kata Sugiharto.

Kemudian wilayah tengah, seperti Pamotan, jalur lingkar Tireman – Galonan, intensitas perlintasan truk-truk barang juga sangat padat. Ditambah wilayah barat, jalan antara Kaliori – Sumber menjadi akses truk pengangkut gas.

“Kami dikeroyok oleh kendaraan-kendaraan berat, “ imbuhnya.

Sugiharto mengaku kadang muncul dilema dalam penanganan jalan rusak. Misalnya, ruas jalan antara Sekarsari – Sumber yang dilewati truk gas.

Ketika rusak berat, masyarakat menanyakan kenapa Pemkab tidak lekas memperbaiki. Begitu saat ini dilebarkan dan akan diaspal hotmix, muncul suara kenapa Pemkab justru menggunakan uang daerah untuk memperbaiki jalan truk gas, seakan-akan justru membantu pengusaha dari luar daerah.

“Ibarat maju kena, mundur kena. Kadang kami juga bingung. Tapi apapun itu, akan kita gunakan semaksimal mungkin dananya. Pokoknya semampu-mampunya Pemkab, “ tandasnya.

Soal jembatan rusak, DPU telah memetakan. Setelah jembatan Desa Sidorejo, Kecamatan Sedan direhab, Sugiharto menyebut jembatan di Dusun Gundi Desa Kedungrejo, Rembang yang longsor akibat banjir, masuk skala prioritas.

“Mohon sabar, gantian, karena anggaran kita terbatas, “ pungkas Sugiharto. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan