Analisa MSI, Soal Temuan Patung Di Sriombo
Ketua MSI Kabupaten Rembang, Edi Winarno berada di lokasi temuan patung kepala Budha di Desa Sriombo, Kecamatan Lasem.
Ketua MSI Kabupaten Rembang, Edi Winarno berada di lokasi temuan patung kepala Budha di Desa Sriombo, Kecamatan Lasem.

Rembang – Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Kabupaten Rembang menganggap temuan patung kepala Budha dan ornamen batu bata kuno di Desa Sriombo, Kecamatan Lasem, menjadi momentum masih banyak yang harus diungkap dari situs – situs sejarah di desa tersebut.

Ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia Kabupaten Rembang, Edi Winarno menjelaskan Desa Sriombo berada di tepian jalur Pantura pinggiran kota lama Lasem dan di bawah perbukitan. Dari riwayat daftar situs, sebelumnya beberapa kali sudah pernah ditemukan di Desa Sriombo. Ia mencontohkan 3 tahun lalu, sempat ada temuan makam yang menandakan peralihan dari masa Hindu – Budha menuju Islam. Hal itu tampak dari posisi makam menghadap qiblat, namun masih terdapat bekal kubur.

“Jadi pada tahun 1496 M, merupakan masa dimana peralihan dari Hindu – Budha menuju Islam. Ciri – ciri makam warga yang meninggal dunia kala itu, menghadap qiblat dan diberi bekal kubur. Bekal ini tradisi masyarakat lokal yang belum bisa ditinggalkan. Lha makam seperti ini pernah ditemukan di Desa Sriombo, “ kata Edi.

Edi menambahkan di Dusun Sulo Desa Sriombo juga pernah menjadi pusat Kerajaan Pucang Sulo yang banyak dibicarakan oleh kalangan sejarawan. Kerajaan tersebut pada era awal Masehi hingga abad ke 3 – 4. Namun ia memperkirakan temuan patung kepala Budha dan situs bawah tanah lebih muda dari kerajaan Pucang Sulo, yakni pada kisaran abad ke 6 atau 7.

“Saya sempat terpikir apakah ini peninggalan masa kerajaan Pucang Sulo. Posisi kerajaan di Dusun Sulo, sedangkan temuan patung kepala Budha berada di Dusun Keben. Meski berjauhan, tapi masih lingkup satu desa. Jika dirunut dengan patung Budha nya, mungkin setelah kerajaan Pucang Sulo, “ imbuh pria warga Pereng, Desa Jeruk, Kecamatan Pancur ini.

Sebagaimana kami beritakan, pekerja pembangunan gapura di Desa Sriombo Kecamatan Lasem menemukan patung kepala Budha, saat menggali tanah pada kedalaman sekira 30 centi meter, hari Sabtu (24/11) lalu. Penggalian akan dilanjutkan, karena perkiraan di bawah tanah terdapat tumpukan batu bata kuno yang saling terhubung. Belum diketahui apakah bagian candi, pintu gerbang atau bekas bangunan kerajaan. (Musyafa Musa).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *