Daftar Polisi : Mayoritas Gagal, Waktu Mendebarkan Bagi Belasan Yang Bertahan
Para pendaftar Polwan dari Kabupaten Rembang tahun ini. Mereka semua gagal di tengah proses seleksi.
Para pendaftar Polwan dari Kabupaten Rembang tahun ini. Mereka semua gagal di tengah proses seleksi.

Rembang – Dari 138 orang pendaftar anggota Polri asal Kabupaten Rembang, mulai Tamtama, Bintara hingga Akpol, saat ini hanya tersisa 19 orang calon siswa Bintara Polri dan tinggal menunggu pengumuman panitia penentu akhir (Pantukir) dari tingkat pusat.

Kepala Bagian Sumber Daya Polres Rembang, Kompol Riwayat Sosianto menjelaskan sambil menunggu pengumuman Pantukir, ke 19 orang pemuda warga Kabupaten Rembang tersebut, menjalani bimbingan di Mapolres Rembang. Mulai pemeriksaan kesehatan, latihan baris berbaris dan pengarahan tentang aktivitas kepolisian. Mereka mengikuti apel rutin seminggu dua kali, tiap hari Senin dan Kamis. Langkah itu bertujuan untuk memantapkan persiapan, apabila mereka benar – benar masuk pendidikan sebagai siswa Bintara Polri.

“Yang daftar kemarin kan 138 orang. Meliputi 7 pendaftar Akpol, Bintara 126, termasuk 21 Polwan. Kemudian 5 daftar Tamtama. Ini yang masuk ke tahap akhir dan tinggal menunggu pengumuman, tersisa 19 orang.  Jadi tahapan seleksi sudah selesai, “ terangnya.

Kompol Riwayat Sosiyanto menambahkan tidak ada jaminan bagi 19 orang tersebut akan langsung masuk pendidikan ke Sekolah Polisi Negara (SPN) Purwokerto. Semua tergantung penentuan kuota dari panitia pusat di Mabes Polri. Perkiraan antara tanggal 6 – 7 Agustus akan diumumkan. Setelah itu, tanggal 09 Agustus 2018, peserta yang lolos mulai masuk pendidikan.

“Memang nggak ada jaminan, karena kuota masing – masing sub panitia daerah (Subpanda) yang menentukan dari pusat. Mohon do’anya saja, semoga bisa lolos semua. Pendidikan selama 7 bulan. Insyaallah kalau lulus, akan kembali lagi bertugas ke Rembang, “ ujar Riwayat.

Jumlah calon siswa Bintara Polri dari Kabupaten Rembang yang menembus tahapan Pantukir tahun ini menurun. Tahun 2017 lalu, terdapat 22 orang. Masing – masing 19 polisi laki – laki dan sisanya 3 orang polisi wanita (Polwan). Tahun ini kebetulan tidak ada pendaftar polisi wanita yang lolos sampai tahap akhir. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *