Kabel Listrik PLN Putus, Picu Kebakaran
Kebakaran lahan tebu di Desa Tanjung, Kecamatan Sulang.
Kebakaran lahan tebu di Desa Tanjung, Kecamatan Sulang.

Sulang – Kebakaran lahan tebu terjadi di Desa Tanjung, Kecamatan Sulang, Kamis pagi (05 Juli 2018). Diduga penyebabnya karena kabel listrik PLN putus, kemudian muncul percikan api yang merembet ke daun kering.

Lahan tebu yang terbakar milik Purwanto, warga Kedungdoro, Rembang. Awalnya ada warga melintas di Jl. Raya Sulang – Sumber, memergoki api membakar tanaman tebu di pinggir jalur tersebut.

Kepala Desa Tanjung, Kecamatan Sulang, Ahmad Ervin Rianto menuturkan menurut keterangan saksi, kabel PLN yang putus memicu percikan api. Kebetulan di sekitar lahan tebu terdapat banyak daun kering, sehingga api cepat membesar.

Warga selanjutnya melaporkan peristiwa itu kepada petugas pemadam kebakaran. Tak berselang lama, petugas Damkar tiba di TKP, untuk menyemprotkan air. Selain itu, pegawai PLN Rayon Rembang juga datang, guna mengganti dengan kabel baru.

“Saya juga nggak tahu gimana kejadiannya. Tahu – tahu sudah ramai ada aparat TNI/Polri dan pemadam kebakaran datang. Tadi listrik di sini ya sempat padam. Setelah kabelnya diganti, sekarang sudah menyala lagi, “ jelasnya.

Seorang petugas pemadam kebakaran Pemkab Rembang, Sarpani memperkirakan lahan yang terbakar mencapai 1 hektar. Upaya cepat pemadam kebakaran melokalisir api, akhirnya membuahkan hasil. Setelah hampir 1 jam penyemprotan, si jago merah dapat dikendalikan.

“Tebunya sudah tinggi – tinggi, jadi kita harus melakukan penyekatan, biar api nggak merembet. Saat ini mulai musim kemarau, anginnya kencang, jadi sedikit ada sumber api, langsung mudah membesar, “ kata Sarpani. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *