Isi Pulsa Listrik Kok Jadi Berkurang, PLN Ungkap Sebabnya
Meteran listrik pra bayar.
Meteran listrik pra bayar.

Rembang – Besaran pulsa listrik yang selama ini digunakan oleh masyarakat, 100 % tidak sesuai dengan nominal pembelian, karena harus dikurangi dengan pajak lampu penerangan jalan umum (LPJU).

Neni Puji Rahayu, seorang petugas Bagian Pelayanan Pelanggan PLN Rayon Rembang mencontohkan apabila pelanggan membeli pulsa listrik Rp 50 ribu dengan daya listrik 900 VA, maka secara otomatis 9 % dipotong untuk pajak LPJU atau kisaran Rp 4.200. Sedangkan selebihnya Rp 45 ribuan, baru mendapatkan listrik dengan ketentuan per KWH Rp 1.352, sehingga totalnya menerima 34 KWH.

Apabila pembelian pulsa di atas Rp 250 ribu, maka dipotong lagi biaya materai Rp 3 ribu dan di atas Rp 1 Juta, terpotong materai Rp 6 ribu.

“Jadi tiap kali membeli listrik pulsa atau elektrik, bentuknya nggak rupiah. Tapi berupa KWH. Potongannya ya itu, untuk pajak LPJU. Sedangkan materai, memang aturan pemerintah begitu. Tiap transaksi di atas Rp 250 ribu, dipotong materai Rp 3 ribu dan di atas Rp 1 Juta, materai Rp 6 ribu plus LPJU, “ jelasnya.

Neni menambahkan pulsa listrik tidak ada batasan masa kadaluwarsa, sehingga pelanggan tak perlu khawatir. Beberapa waktu lalu sempat ada pelanggan mengadu membeli pulsa listrik melalui ATM. Saldonya sudah terpotong, namun tanda bukti pembelian tidak keluar. Setelah mengecek ke PLN dan pihak bank, ternyata masalah tersebut bisa diselesaikan.

“Jarang ya ada keluhan soal pulsa listrik. Mungkin yang paling banyak menanyakan tentang potongan, lho kok nggak sesuai dengan nilai pulsanya. Tapi setelah dijelaskan, mereka baru memahami. Kalau yang beli lewat ATM, rata – rata sistemnya juga lancar, “ imbuh Neni.

Disinggung masih banyaknya pelanggan listrik menggunakan meteran listrik model lama atau pasca bayar, PLN Rayon Rembang menggencarkan sosialisasi, agar pelanggan mau mengganti meteran listrik sistem pulsa. KWH meternya disediakan gratis. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *