Hitung Cepat KPU Rembang, Ini Dia Rincian Hasil Pilgub Jateng
Data penghitungan cepat yang dilakukan KPU Kabupaten Rembang. Untuk hasil resmi, tetap harus menunggu rekapitulasi manual selesai.
Data penghitungan cepat yang dilakukan KPU Kabupaten Rembang. Untuk hasil resmi, tetap harus menunggu rekapitulasi manual selesai.

Rembang – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Rembang menggelar rekapitulasi suara serempak, Kamis (28 Juni 2018), dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rembang, M. Salam menjelaskan rekapitulasi suara di tingkat PPK ini sebenarnya diberi waktu antara tanggal 28 Juni – 04 Juli. Namun mereka sepakat untuk melangsungkan serempak lebih awal tanggal 28 Juni. Begitu selesai, suara akan direkap lagi ke tingkat Kabupaten Rembang, melalui rapat pleno terbuka, tanggal 04 Juli 2018.

“Jadi hari Kamis (28/06), semua PPK menggelar rekapitulasi suara. Bareng – bareng hari ini. Rata – rata pada pagi hari, cuman ada pula yang siang. Hal itu sudah jadi kesepakatan saat rapat kerja PPK, beberapa waktu lalu. Lha di tingkat Kabupaten, sesuai tahapan antara tanggal 4 – 6 Juli. Kita ambil tanggal 4 nya, “ terang Salam.

Salam menambahkan pihaknya juga menggelar penghitungan cepat, guna memenuhi rasa ingin tahu masyarakat, yang menanyakan hasil Pilkada Jawa Tengah. Di tempat pemungutan suara (TPS), setelah penghitungan selesai, langsung melaporkan hasilnya kepada KPU Kabupaten Rembang. Dari 1.300 TPS, proses entri data sudah tuntas pukul 01.30 WIB Kamis dini hari.

“Jadi data yang kami entri berasal dari TPS. Rabu sore sudah mulai masuk dan Kamis dini hari rampung. Kami tampilkan di layar lebar di depan Sekretariat KPU, “ ujarnya.

Berdasarkan hasil penghitungan cepat KPU Kabupaten Rembang, pasangan Ganjar Pranowo & Taj Yasin menang di semua kecamatan. Totalnya, Ganjar – Yasin mendapatkan 215.009, sedangkan Sudirman Said – Ida Fauziah 87.823 suara. Terkait suara tidak sah sebanyak 11.072. Jika suara sah dan tidak sah digabung, menjadi 313.904.

Dengan daftar pemilih tetap 475.730, maka partisipasi pemilih mencapai 65,20 %. Namun data bersifat hitung cepat. Untuk hasil sah, tetap harus menunggu rekapitulasi KPU Kabupaten Rembang. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *