Antisipasi Jatuh Korban Berikutnya, Yuk Diintip Seperti Apa Hidrolis Dump Truck
Sistem hidrolis dump truck.
Sistem hidrolis dump truck.

Rembang – Peristiwa seorang sopir dump truk tewas tergencet bak truck di Desa Pamotan, Kecamatan Pamotan menjadi bahan pembelajaran bagi masyarakat, terutama kalangan sopir dump truck. Apalagi seiring dengan menggeliatnya sektor pertambangan di Kabupaten Rembang, hilir mudik dump truck semakin banyak.

Seorang sopir sekaligus mekanik dump truck, Slamet mengungkapkan bak dump truck setelah diangkat setengah, kemudian tiba – tiba turun sendiri, diduga ada masalah dengan kondisi onderdil. Di dalam hidrolis dump truck terdapat per kecil yang berfungsi untuk menunjang naik turunnya bak. Bisa jadi per tersebut sudah terlalu lentur, sehingga harus diganti.

Gangguan lain yang biasa terjadi, seperti selang hidrolis dan sil karet bocor. Maka tiap pagi sebelum berangkat kerja, ada baiknya pengemudi secara rutin mengecek.

“Ada beberapa onderdil penting dalam sistem hidrolis. Oli pelumas juga vital, karena oli berfungsi ketika pemindahan gaya. Sekali bocor dan tidak cepat ditangani, akan mengganggu sistem. Begitu pula pernya, memang perlu dicek berkala, “ jelasnya.

Pria warga Desa Suntri, Kecamatan Gunem ini menambahkan ada cara sederhana untuk mengantisipasi kemungkinan bak truk turun mendadak ketika dalam perbaikan hidrolis. Salah satunya dengan memberikan penyangga atau pengganjal bak. Selain itu, posisi pembenahan idealnya berada di bawah truk, jangan di sela – sela antara bak dengan kerangka chasis truk.

“Musibah memang sulit diprediksi. Cuman demi keamanan kerja, kita perlu jaga – jaga. Salah satunya biar aman, ketika bak diangkat, harus dikasih ganjel. Yang namanya orang melakukan perbaikan, kan biasanya fokus pada kerusakan. Jadi kadang nggak melihat bak truk, “ imbuh Slamet.

Sebelumnya, seorang sopir dump truck meninggal dunia tergencet bak truknya sendiri, Senin siang lalu. Korban yakni Pujiyono (36 tahun), warga Dusun Dalor, Desa Pamotan. Peristiwa naas itu terjadi, ketika bak truk diangkat setengah, yang bersangkutan tengah mengecek sistem hidrolis truk. Tanpa disadari bak turun dan menghimpit leher korban.

Tidak hanya di Pamotan, kasus sopir tewas tergencet bak dump truck ternyata juga sering terjadi di daerah lain. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *