Tanggapan Dinas Pendidikan Rembang, Terkait Penundaan Pengumuman UN SMP
Pelajar SMP N 5 Rembang saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), beberapa waktu lalu.
Pelajar SMP N 5 Rembang saat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), beberapa waktu lalu.

Rembang – Mundurnya pengumuman Ujian Nasional tingkat SMP sederajat, dianggap tidak berdampak terhadap sekolah. Pasalnya, sekolah sebatas menunggu hasil nilai siswa dari tingkat pusat.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, Mardi mengaku memantau informasi dari media, yang menyebutkan pengumuman Ujian Nasional SMP ditunda. Semula berlangsung hari Rabu, 23 Mei menjadi hari Jum’at 25 Mei 2018.

Begitu menerima surat edaran dari Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, akan langsung diteruskan ke sekolah. Sekolah tak perlu gelisah, karena memang tidak memicu dampak apa – apa. Mengingat waktunya juga masih longgar.

“Kita harus mengikuti surat edaran dari kementerian. Antara pengumuman kelulusan dengan penerimaan peserta didik baru (PPDB) kan masih lumayan jauh, nggak masalah saya kira, “ ungkapnya.

Mardi menambahkan nilai Ujian Nasional tidak menjadi syarat mutlak kelulusan siswa. Namun siswa tetap wajib mengikuti Ujian Nasional. Apabila tidak ikut, maka tak akan lulus. Sedangkan komposisi kelulusan dihitung berdasarkan 60 % dari nilai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan 40 % dari nilai ujian harian.

Menyangkut tekhnis pengumuman kelulusan, pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang mengimbau sekolah mengundang orang tua/wali murid. Kalau hanya siswanya saja, dikhawatirkan menimbulkan hal – hal yang tidak diinginkan.

“Ada sekolah yang sudah memanfaatkan tekhnologi informasi dalam mengumumkan kelulusan. Tapi masih banyak yang menerapkan cara manual. Nah, untuk manual ini, kami sarankan orang tua/wali murid yang diundang ke sekolah, “ imbuh Mardi.

Menurut Mardi, pengumuman kelulusan berlangsung hari Jum’at, kebetulan merupakan hari pendek dan bersamaan puasa Ramadhan. Kalaupun siswa masuk pada hari itu, ia mendorong sekolah mengemasnya dengan kegiatan positif yang bermanfaat. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *