Hilang Tenggelam Saat Memancing Ikan, Detik – Detik Kejadian Diketahui Rekan Korban
Pencarian korban tenggelam di Embung Sudo, Sabtu sore (12/05).
Pencarian korban tenggelam di Embung Sudo, Sabtu sore (12/05).

Sulang – Seorang pemancing ikan tenggelam di Embung Sudo Kecamatan Sulang, Sabtu (12 Mei 2018) sekira pukul 11.30 WIB.

Korban tenggelam yakni Sulimin (42 tahun), warga Kelurahan Jepon Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora. Suparmin datang ke Embung Sudo bersama 5 rekannya. Mereka kemudian menyebar ke berbagai titik.

Kepala Desa Sudo Kecamatan Sulang, Waji menjelaskan korban semula berenang dari arah embung sisi barat menuju tempat lain yang dianggap banyak ikannya, sambil membawa tas ransel dan alat pancing. Sulimin bermaksud menyusul rekannya yang sudah tiba lebih dulu.

Banyaknya lumut di atas permukaan air, membuat korban kesulitan berenang. Belum sampai tujuan, Sulimin diketahui tenggelam.

“Setiap hari di sini memang banyak orang mancing, terutama dari warga luar daerah. Kalau debet air embung ya lumayan banyak, cuman agak berkurang, karena kemarin disedot untuk pengairan sawah. Yang saya tahu, permukaan air embung banyak lumut. Kalau orang berenang, lumut – lumut tebal itu menyulitkan. Apalagi korban membawa beban tas, “ kata Suwaji.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rembang, Pramujo mengatakan sejumlah rekan korban sebenarnya mengetahui peristiwa Sulimin tenggelam. Tapi tidak berani menolong, karena jaraknya terlalu jauh di tengah embung. Apalagi kedalaman embung mencapai 3 Meter. Kemudian ada saksi yang berinisiatif melapor ke aparat desa terdekat dan diteruskan kepada BPBD.

Setelah menerima laporan dari masyarakat, pihaknya langsung mengerahkan tim reaksi cepat menuju lokasi kejadian, untuk melakukan pencarian korban. Total 20 an personel ikut terlibat.

“Kami gunakan 2 perahu karet, fokusnya di sekitar lokasi tenggelam, sebagaimana keterangan saksi. Pencarian dilakukan oleh tim gabungan, dari BPBD, TNI/Polri dan para relawan. Kami juga berupaya menyelam,  “ kata Pramujo.

Kabar orang tenggelam langsung menyebar cepat. Sabtu sore kondisi Embung Sudo cukup ramai dipenuhi warga yang ingin melihat proses pencarian. Hingga berita ini diturunkan pukul 15.00 WIB, korban belum ditemukan. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *