Giat Operasi Patuh Candi, Satlantas Ubah Pola
Apel pasukan Giat Operasi Patuh Candi di halaman Mapolres Rembang, Kamis pagi (26/04).
Apel pasukan Giat Operasi Patuh Candi di halaman Mapolres Rembang, Kamis pagi (26/04).

Rembang – Satuan Lalu Lintas Polres Rembang akan mengubah pola giat Operasi Patuh Candi 2018, mulai tanggal 26 April sampai dengan 09 Mei 2018. Operasi kendaraan tidak hanya berlangsung di titik – titik tertentu, tetapi Satlantas akan lebih mengoptimalkan sistem mobile.

Artinya, anggota intensif berpatroli, begitu mengetahui pengguna kendaraan melanggar aturan dan rawan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, bisa langsung menindak.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Rembang, AKP Ari Akta Gagah Nugraha menjelaskan ada 7 prioritas pelanggaran kasat mata yang dipantau, meliputi berkendara sambil menggunakan HP, tidak memakai helm, tidak memasang sabuk keselamatan, pengendara di bawah umur, kendaraan melawan arus, kebut – kebutan melampaui batas kecepatan, serta pengendara mengantuk dan terpengaruh Narkoba.

Dengan hunting system, bisa saja anggota akan menyasar sampai pelosok pedesaan. Anggota tidak dibebani target, tapi kalau mengetahui pelanggaran, akan turun tangan.

“Ada 7 pelanggaran yang jadi “primadona” masyarakat akan kita cermati. Kami perbanyak patroli mobile, jadi nggak hanya operasi di 1 atau 2 titik saja. Polisi nggak bermaksud membuat masyarakat takut bawa kendaraan selama giat operasi ini. Tapi justru ini demi keselamatan masyarakat sendiri, “ ujar Ari.

AKP Ari Akta Gagah Nugraha menimpali Operasi Patuh Candi meliputi 60 % penegakan hukum (tilang), sisanya 40 % bersifat pencegahan dan peringatan – peringatan.

Tujuan khusus dari operasi ini, untuk meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas, menghadapi bulan puasa. Harapannya, kelak ketika mendekati arus mudik Lebaran, pengguna jalan sudah tertib.

“Ini memang kita tujukan untuk pra kondisi, menghadapi puasa dan Lebaran. Jauh-jauh hari, polisi melalui giat Operasi Patuh serentak se Indonesia ini, bisa mewujudkan ketertiban dan kenyamanan lalu lintas. Biar kalau masuk arus mudik, polisi fokus pelayanan, karena masyarakat sudah tertib, “ imbuhnya.

Kamis pagi (26 April 2018), apel pasukan Operasi Patuh Candi berlangsung di halaman Mapolres Rembang. Sebanyak 96 orang personel terlibat dalam giat operasi ini.

Kapolres Rembang, AKBP Pungky Bhuana Santoso membacakan sambutan Kepala Korps Lalu Lintas, Irjen Pol. Royke Lumowa. Disebutkan dengan Operasi Patuh Candi pada tahun 2017 lalu, angka kecelakaan lalu lintas mampu turun 63 %, dibandingkan tahun sebelumnya. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *