Detik – Detik Pencurian 4 Ekor Sapi Digagalkan
4 ekor sapi yang gagal diangkut oleh pencuri, karena ketahuan warga, Rabu malam.
4 ekor sapi yang gagal diangkut oleh pencuri, karena ketahuan warga, Rabu malam.

Sluke – Upaya pencurian 4 ekor sapi di Desa Pangkalan Kecamatan Sluke, Rabu (18/04) sekira pukul 23.30 WIB berhasil digagalkan warga.

Menurut keterangan yang dihimpun dari sekitar lokasi kejadian, kandang yang disatroni pencuri milik Rondi (60 tahun) warga RT 02 RW 02 Desa Pangkalan. Kebetulan posisi kandang agak berjauhan dengan permukiman penduduk. Terakhir kali, pemilik sapi mengecek kandang pukul 22.00 WIB. Melihat sapi – sapinya masih aman, Rondi pulang. Ia tidak menyadari ternak sapinya sudah diincar kawanan pencuri dari kejauhan.

4 ekor sapi berukuran besar dikeluarkan dari kandang dan ditambatkan di sebelah barat tower, turut tanah Desa Trahan Kecamatan Sluke. Kebetulan waktu itu ada petugas security pabrik es, M. Taufik akan pulang kerja. Ia curiga melihat truk box parkir di dekat tower menghadap ke jalan raya, tampak pula sekitar 5 orang yang diduga tersangka pelaku pencuri sapi.

Taufik langsung balik menuju pabrik es, memberitahu temannya. Ketika sama – sama akan mengecek, truk box beserta pelaku sudah menghilang. Sedangkan 4 ekor sapi batal diangkut truk dan ditinggalkan di bawah pohon mangga. Saksi selanjutnya melaporkan kejadian tersebut kepada aparat Polsek Sluke.

Kapolsek Sluke, AKP Sunarmin menyatakan pencurian sapi gagal, berkat kepedulian masyarakat yang peka terhadap situasi lingkungan.

“Kebetulan saksi pertama yang memergoki merupakan purnawirawan anggota TNI. Usai pulang dari pabrik es, tahu truk mencurigakan. Mungkin pelaku sudah panik, jadi kabur duluan. 4 ekor sapi yang diketahui milik Rondi, telah kami kembalikan, “ terangnya.

AKP Sunarmin menimpali pihaknya masih menyelidiki kasus itu. Sampai Kamis siang (19 April 2018) identitas pelaku belum diketahui. Ia juga mengingatkan kepada masyarakat, untuk memperketat penjagaan kandang ternak sapi. Mengingat posisi kandang jauh dari rumah, sehingga mudah disasar pelaku kejahatan.

“Mohon sekiranya warga intens meningkatkan pengawasan. Syukur ada ronda bergiliran tiap malam. Jadi meski kandang jauh dari rumah, tetap bisa dipantau, “ tambah Kapolsek.

Sebelumnya, bulan Januari 2018 lalu, pencurian sapi sempat terjadi di Desa Pangkalan Kecamatan Sluke. 2 ekor sapi amblas dibawa kabur. Peristiwa serupa juga menimpa warga di Desa Trahan dan Dusun Tawangrejo Desa Sluke. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *