Kisah Bernando, Jebolan Taruna Nusantara Berjuang Masuk Akpol
Bernando Hertana Putra Halid (paling kanan), jebolan SMA Taruna Nusantara yang ikut mendaftar Akpol.
Bernando Hertana Putra Halid (paling kanan), jebolan SMA Taruna Nusantara yang ikut mendaftar Akpol.

Rembang – Di balik 7 nama pendaftar taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dari Kabupaten Rembang, terdapat pula seorang jebolan SMA Taruna Nusantara Magelang. Namanya Bernando Hertana Putra Halid (18 tahun), warga Perumahan Sumber Mukti Indah Sumberejo, Rembang.

Meski merupakan sekolah favorit di Indonesia dan terkenal dengan pendidikan ala militer, namun tidak serta merta lulusannya bisa langsung masuk Akpol. Bernando harus berjuang seperti pendaftar Akpol lainnya.

Kepada Reporter R2B, Bernando menceritakan bersekolah di SMA Taruna Nusantara, mendapatkan kelebihan tersendiri. Ia mencontohkan latihan fisik sudah terjadwal sejak pagi hingga sore hari. Kebetulan setelah lulus tahun 2017, Bernando ikut semacam bimbingan di Yogyakarta, guna mematangkan persiapan menuju pendaftaran Akpol. Tidak hanya menempa fisik, tetapi juga melatih soal – soal psikotes.

“Kalau soal fisik, sudah dilatih sejak lama, sekarang tinggal jaga kondisi kesehatan saja. Begitu pula nilai – nilai akademik, insyaallah nggak ada masalah. Tahun 2017 setelah lulus SMA Taruna Nusantara, saya nggak bisa langsung daftar Akpol, karena usia belum memenuhi syarat. Jadi baru tahun ini mendaftar, “ jelasnya.

Pemuda yang dulu mengenyam pendidikan di SMP N II Rembang ini menambahkan pada tahun 2017 lalu, kuota lulusan SMA Taruna Nusantara yang diterima masuk Akademi Kepolisian, menurut informasi hanya 28 orang. Sedangkan tahun 2018 belum mengetahui, sehingga dirinya berusaha maksimal, agar dapat diterima.

Tapi di sisi lain ia juga mendaftar ke Akademi Militer (Akmil) di Magelang, karena kebetulan tesnya lebih awal.

“Lulusan SMA Taruna Nusantara nggak otomatis masuk ke Akpol, jadi harus tetap melewati tahapan seleksi mas. Kemarin juga ada pendaftaran Akmil, saya ikut daftar pula. Pengumuman tingkat daerah alhamdulilah lolos, tinggal nunggu pengumuman tingkat pusat. Perkiraan pengumuman antara Akpol dan Akmil, bulan Juli mendatang sudah diketahui hasilnya, “ imbuh Bernando yang juga anak seorang polisi ini.

Lalu bagaimana jika dalam pengumuman nanti, semua berhasil lolos ? Bernando menilai di Akmil maupun Akpol, sama – sama menjadi sarana menuju pengabdian kepada bangsa. Namun kemungkinan besar ia akan memilih Akademi Kepolisian. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *