Pertumbuhan Ekonomi, Besar Mana Peran Pemerintah Dan Swasta ?
Pabrik semen di Kabupaten Rembang.
Pabrik semen di Kabupaten Rembang.

Rembang – Bupati Rembang, Abdul Hafidz optimis pabrik semen milik PT. Semen Indonesia dapat beroperasi 100 % tahun ini.

Abdul Hafidz menyakini hal itu, karena semua persyaratan sudah dipenuhi. Tinggal menunggu pengumuman Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) lanjutan. Nantinya pihak pabrik semen dapat menambang di lahan sendiri. Lahan tersebut sempat lama menganggur, terkena imbas dari pro kontra penambangan di pegunungan batu kapur.

Menurutnya, dengan industri berjalan, maka dapat memacu pertumbuhan ekonomi. Apalagi masalah ekonomi, tidak mungkin ditangani oleh anggaran pemerintah, yang diprediksi hanya mampu menyumbang pertumbuhan ekonomi 20 %. Sisanya 80 % disumbangkan dari sektor swasta. Maka pemerintah harus bekerja sama dengan swasta.

“Insyaallah pabrik semen akan beroperasi 100 % tahun ini, dapat melaksanakan kegiatan – kegiatan yang mampu menyerap tenaga kerja banyak. Nggak bisa pengurangan tenaga kerja diselesaikan melalui instrumen APBD. Kontribusinya jauh dari harapan. Maka swasta kita bangkitkan, diselaraskan dengan program – program pemerintah, “ jelas Hafidz.

Hafidz menambahkan pertumbuhan ekonomi didukung investasi dan ekspor. Kalau bicara skala Kabupaten Rembanng, nilai ekspor masih rendah. Pemkab akan terus berupaya menggenjot investasi. Kran perizinan dibuka selebar mungkin. Nyatanya, pabrik – barik baru sudah mulai muncul, meski belum beroperasi.

“Kalau bicara di Rembang, nggak usah eksporlah. Investasi saja, bagaimana investasi bisa bergairah. Dukungan dari berbagai pihak, BUMN, BUMD ditunggu. Kita sadar, investasi dapat jalan, asalkan pemerintah memfasilitasi dengan baik, “ tuturnya.

Saat ini Pemkab Rembang mengandalkan pabrik sepatu di sebelah timur Embung Rowosetro, pinggir jalan antara Desa Tireman – Padaran. Konon pabrik tersebut akan sanggup menampung 7 ribu tenaga kerja dan apabila terus berkembang, bisa merekrut 20 ribu orang pekerja. Dengan pengangguran berkurang, ditargetkan angka kemiskinan ikut menurun. (MJ – 81).

News Reporter

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *